Kunjungi Baduy, PKM Unpam Adakan Penyuluhan

 
Dengan menggandeng Akrom Foundation Menteng dan Yayasan Membangun Spirit Ukhwah Islamiyah (Yasmui), belasan dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang adakan penyuluhan bertema ‘Potensi Alam & budaya Suku Baduy, Menuju Masyarakat Sejahtera’ kepada masyarakat Baduy luar dari suku Baduy, di Kampung Ciboleger, Desa Bojong Menteng,  Lebak, Banten, Minggu (13/5) lalu.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan sabagai bentuk tanggung jawab sebagai civitas akademik dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diikuti oleh 16 dosen diantaranya; Rahmi Hermawati, S.E., M.M, Veritia, S.E., M.M, Eni Puji Astuti, S.E., M.M, Rima Handayani, S.E.,M.Si, Cornelia Dumarya Manik, S.E, M.M, Jamaluddin, S.E, M.M, Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev, Fathur Rahman,S.H.,M.H, Hadijah Febriana,S.E.,M.M, Sri Mulyani,S.E.,M.M, Fauziah Ramita Latupono, S.H., M.H, Intan Sari Budhiarjo, S.E., M.M, Syakhrial, SE., MM, Sugeng Widodo, S.E., MM, Endang Kustini SE., MM dan Novia Susanti, S.E., M.M, ini bertujuan agar bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat Bojong Menteng Baduy yang dimana salah satunya, membangun peningkatan ekonomi dengan mempertahankan kehidupan sosial budaya masyarakat suku baduy. Selain itu, nilai-nilai yang ada pada masyarakat Baduy juga dapat menjadi objek untuk melakukan penelitian. Tak hanya penyuluhan saja, 200 paket sembako juga dibagikan kepada Masyarakat di Bojong Menteng Baduy Luar, sebagai bentuk charity dari keluarga Universitas Pamulang.

“Kami sangat senang karena bisa berbagi dengan penduduk Baduy, mereka menerima kedatangan kami dengan hangat. Kesulitan bahasa yang akhirnya dapat teratasi dengan MC kami Bu Denok yang paham bahasa Sunda . Mereka berharap ke depannya kami bisa melakukan PKM lagi dengan tema yang berbeda, yang dapat memajukan perekonomian mereka, sehingga mereka dapat menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Ketua rombongan PKM, Rahmi Hermawati dalam sambutannya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Yasmui, dr. Arius Karman, Ia berharap untuk masyarakat suku Baduy yang telah menjadi mualaf agar kedepannya bisa lebih sejahtera dan jangan sampai akidahnya berbelok kearah yg lain.  “Harapannya semoga masyarakat disini baik mualaf ataupun duafa kedepannya akan lebih sejahtera,jangan sampai akidahnya berbelok kearah yg lain,” ucapnya.

Disampaikan pula oleh Arius, Yasmui sendiri akan membangun rumah, pasar dan masjid untuk para duafa dan dia juga akan memfasilitasi Dokter-dokter dibanten untuk memberikan pengobatan gratis dan sunatan massal untuk masyarakat Bojong Menteng.  Disisi lain, ibu Inah, salah satu ibu dari warga suku Baduy luar merasa sangat senang dengan datang nya dosen-dosen Unpam yg telah memberikan sumbangan berupa sembako.

“Sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Baduy disini,” ujarnya.  Tak jauh berbeda, Wendi warga Baduy mengutarakan kebahagiaanya dengan adanya penyuluhan ini, menurutnya Kegiatan PKM ini menambah ilmu bagi warga Ciboleger, melaui penyuluhan yg disampaikan. (Bal) Sumber : beritatangsel.com