Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang Adakan Kegiatan Mendongeng di Yayasan Bait Al-Ma’mur

p-yatnoPamulang– Sebagai bentuk komitmen pada pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, Prodi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang adakan kegiatan mendongeng pada anak-anak TPA dan TK di Yayasan Bait Al-ma’mur. Kegiatan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Jum’at-Minggu, 11-13 Mei 2018 di Serua, Bojongsari, Sawangan, Depok. Menurut pengakuan ketua panitia, Suyatno S.Pd, M.Pd, menyatakan bahwa pendampingan dan pengawasan dari orang tua pada anak sangatlah dibutuhkan sejak dini. Metode pengajaran pada anak  sangatlah penting untuk dimulai sejak anak-anak masih balita, salah satu metode yang dapat digunakan oleh orang tua adalah dengan menggunakan dongeng sebagai media penghibur dan pendidikan anak karena selain dapat terhibur anak juga mendapat pesan moral dari dongeng yang disampaikan. Selain itu dongeng juga berguna sebagai media mempererat hubungan antara orang tua dan anak.yatno2

Kegiatan yang melibatkan unsur dosen, mahasiswa, para guru, serta para murid di Yayasan Bait Al-Ma’mur, Serua, Bojongsari, Sawangan, Depok ini mengusung tema dongeng sebagai media pembelajaran bahasa. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan minat mendongeng serta mengembangkan potensi dan keberanian anak dalam berkretivitas di depan umum. Antusias peserta kegiatan pun terasa hangat dan menyenangkan.

Rangkaian agenda kegiatan tim pengabdian masyarakat dimulai sejak tanggal 11 Mei-13 Mei 2018. Dongeng yang ditampilkan meliputi dua buah dongeng dengan kategori yang berbeda, yaitu satu cerita fable (binatang) dan satu cerita yang berisikan pendidikan karakter pada anak yang diselipkan sedikit game di dalamnya. Masing-masing dongeng yang disampaikan sangat baik untuk dijadikan sebagai pendidikan nilai moral khususnya pada anak-anak.