PELATIHAN KETERAMPILAN SENI (MUSIK, LUKIS, DAN PRAKARYA) UNTUK MENINGKATKAN KECINTAAN TERHADAP KEBUDAYAAN BANGSA

Pada pertengahan bulan april yakni hari rabu-jum’at tanggal 11-13 April 2018 telah dilaksanakan kegiatanpkn13 Pengabdian Masyarakat oleh dosen Prodi PKN UNPAM dengan memberikan pelatihan keterampilan seni untuk meningkatkan kecintaan terhadap kebudayaan Bangsa di SMP Plus Pewaris Peradaban Ciseeng Bogor. Tujuan diadakan pelatihan seni tersebut agar para peserta didik mampu melestarikan kesenian yang menjadi kebudayaan bangsa Indonesia dan tidak hanya mengetahui secara teori tetapi mampu berkarya dan menambah kreatifitas para peserta didik di SMP Plus Pewaris Peradaban tersebut.

pkn131Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 sampai 12.00 diawali dengan tilawah qur’an oleh siswa SMP Plus Pewaris Peradaban yakni ananda Fauzi Fadilah yang sudah hafal juz 30 dan 29, karena di Sekolah tersebut mempunyai program Tahfiz Qur’an sehingga salah satu siswa yang menjadi tilawah pada hari itu. Selanjutnya semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.pkn132 Sambutan pertama disampaikan oleh kepala SMP  Plus Pewaris Peradaban bapak M. Taufik S.Pd.I. Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena dosen unpam melaksanakan kegiatan PKM di sekolah tersebut dan berharap akan memberikan dampak positif bagi peserta didik yang hadir pada kegiatan tersebut. Sambutan dilanjutkan oleh ketua pengabdian masyarakat Ibu Sulastri.,S.Pd., M.H menegaskan kembali bahwa sebuah pengabdian masyarakat merupakan salah satu tugas pokok sebagai dosen.

Sebelum berlanjut ke acara inti tim dosen unpam yang diwakili oleh Ibu Endang prastini.,S.Pd.,MH memberikan kenang-kenangan/cendera mata kepada SMP Plus Pewaris Peradaban

Kegiatan pengabdian ini berupa keterampilan tetapi sebelum memulai keterampilan, peserta didik yang hadir pada saat itu berjumlah 32 siswa diberikan penyuluhan terlebih dahulu tentang keberagaman budaya di Indonesia yang harus dilestraikan. Pemateri penyuluhan tersebut diisi oleh salah satu dosen Prodi PKN yakni Ibu Dini Handayani., S.Pd., MH. Penyuluhan berjalan atraktif karena semua peserta diajak aktif dan disuguhkan gambar-gambar tentang kesenian yang menambah wawasan mereka. Selanjutnya peserta dibagi kedalam tiga kelompok karena masing-masing kelompok akan diberikan pelatihan seni yang berbeda-beda yakni kelompok seni musik 10 peserta, lukis 12 peserta dan prakarya 10 peserta. Pemateri dari setiap kelompok yakni mahasiswa Prodi PKN Reguler A semester 2.  Kelompok seni musik diberikan pelatihan bermain gitar karena di sekolah tersebut ada tim perkusi jd tujuan diajarkan bermain gitar agar bisa memadupadankan musik perkusi dengan gitar. Untuk seni lukis para peserta diberikan pelatihan kaligrafi dan seni prakarya diberikan pelatihan membuat bandana yang masih polos dan dikreasikan dengan berbagai macam bentuk. Semua peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Di akhir kegiatan perwakilan mahasiswa memberikan kenang-kenangan kepada pihak sekolah berupa rak buku dan pihak sekolah menerima dengan bahagia dan ucapan terimakasih. Tak lupa acara ditutup dengan do’a dan foto bersama antara guru-guru SMP Plus Pewaris peradaban dengan dosen serta mahasiswa.