LPPM Unpam Gelar Workshop Full Day

workshop3Pamulang- Senin, 16 April 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) selenggarakan workshop full day. Workshop yang dihelat di Aula STIKes ini mengusung tema, “Strategi Memenangkan Hibah Ristekdikti.”.

Menurut pantauan kontributor Unpam, workshop yang mendapat sponsor dari Bank BTN Cabang Ciputat ini mengundang sejumlah pemateri yang sangat kompeten dalam bidangnya. Dua reviewer nasional Kemenristekdikti: Dr. Tjipto Sumadi dan Dr. Sri Fadila hadir berbagi strategi meraih hibah Ristekdikti. Keduanya bersepekat bahwa penelitian di Ristekdikti itu sangat mudah, tinggal kemauan serta kesungguhan dari kita sebagai dosen.

Sementara Direktur R & D Nano Center Indonesia, Alfian Noviyanto, Ph. D. juga berbagi pengalaman. Ia banyak menyampaikan strategi menulis di jurnal Internasional. Menurut pria intelektual serta berambut panjang ini, menulis di jurnal internasional harus memulai dari cerita data yang akan dutulis.workshop2

Dr. Tjipto, demikian dosen UNJ ini disapa banyak menerangkan terkait strategi menaklukkan reviewer. Ada kata kunci yang harus dipahami oleh pengusul proposal sebelum mengajukannya ke Simlibtabmas. Hal itu disampaikannya dalam presentasinya yang berjudul, Strategi Memenangkan Hibah Penelitian Ristekdikti Berbasis Panduan Edisi XII.

Sementara Dr. Sri Fadila banyak menyampaikan materi dari sisi laporan rencana anggaran belanja penelitian, atau akrab dikenal dengan RAB. Menurutnya, peneliti harus akrab dengan PMK nomor 106 tahun 2016 yang di dalamnya mengatur anggaran penelitian. Materi yang dibawakannya berjudul, Tata Cara Penyusunan RAB dan Laporan Keuangan Penelitian, dan PKM.

Dalam kesempatan yang sama ketua panitia, yang juga sebagai Ketua LPPM Unpam Dr. Ali Madinsyah menyampaikan dalam sambutannya bahwa acara ini terlaksana berkat kerja sama sejumlah pihak. Di samping ia juga menyampaikan bahwa masih rendahnya jumlah penelitian yang diajukan ke Dikti oleh dosen Unpam menjadi latar belakang workshop ini diselenggarakan.

workshop1Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat menekankan kepada para peserta workshop agar kegiatan ini harus menghasilkan 300 judul penelitian. Sementara Ketua Yayasan, Dr. (H.C.) H. Darsono mengingatkan kepada peserta bahwa ada atau tidak adanya hibah Dikti, dosen harus tetap melakukan penelitian. (MW)