Prodi Teknik Industri UNPAM, PKM Tugas Menyenangkan

PAMULANG – Kegiatan Pangabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan wadah bagi dosen untuk realisasi dan implementasi kompetensi yang di miliki. Serta, bentuk tanggung jawab moral secara individu dan institusi yang merupakan kewajiban bagi setiap dosen.

Program Studi (prodi) Teknik Industri setiap tahunnya membuat jadwal PKM sesuai dengan rasio dosen minimal satu kali dalam satu semester. Serta mendorong dosen melakukan penelitian sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Dosen juga manusia yang sering merasa jenuh dengan rutinitasnya. Namun kami Prodi Teknik Industri berusaha membuat PKM menjadi suatu tugas yang menyenangkan bahkan ditunggu-tunggu para dosen. Salah satunya dengan menyelipkan kegiatan jalan-jalan,” ungkap Sri Utaminingsih, Koordinator Bidang PKM Prodi Teknik Industri.

Kata Sri, salah satu contohnya yaitu di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Di sekolah tersebut muridnya adalah para TKI. Pada kegiatan PKM disana dosen Teknik Industri melakukan interaksi langsung dan memberikan solusi langsung terhadap permasalahan yang dihadapi para TKI.

Tidak hanya di negara tetangga malaysia, PKM yang dilakukan Prodi Teknik Industi juga pernah dilakukan di Singapore, Jepang dan beberapa negara lainnya.

“Dengan begitu, keberasaan UNPAM tidak hanya dirasakan di Provinsi Banten saja namun dimata dunia. PKM diberbagai daerah maupun negara nilai positifnya, UNPAM sudah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai institusi di luar negeri,” jelasnya.

Kata Sri, Prodi Teknik Industri Unpam pernah melakukan kunjungan ke Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Setelah itu, beberapa dosen Unpam mendapat pun kesempatan mengambil gelar dokter di UTM.

“Tidak menutup kemungkinan kerjasama ini bisa dirasakan para mahasiswa yang ingin mengambil gelar doktor di UTM. Karena kita sudah memiliki kerjasama dan kedekatan, pastinya kami mudah menghubungkan mahasiswa kami dengan UTM,” katanya.

Sementara itu, Dadang Kurnia, Dekan Fakultas Teknik sekaligus Kaprodi Teknik Industri menegaskan setiap dosen harus mengambil kesempatan pengembangan diri disetiap kegiatan PKM.

“Kegiatan PKM merupakan kewajiban Tridahrma Perguruan Tinggi. Dengan itu, jangan dianggap remeh. Pasalnya, perguruan tinggi tidak hanya mencerdaskan mahasiswa tapi mampu berguna bagi masyarakat Indonesia maupun masyarakat luas,” tegasnya.

Sumber  : tangerang Ekspres, 6 April 2018