Komunikasi Yang Baik Pada Anak Usia Dini Serta Dampaknya Terhadap Anak

hestu1“Salah satu wujud pelaksanaan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi 11 Dosen UNPAM melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan, tentang Komunikasi yang baik pada anak usia dini serta dampaknya terhadap anak. Rabu- Jumat (7-9 Maret 2018). Tujuan diadakanya kegiatan tersebut untuk membantu memberikan arahan kepada Wali Murid dan orang tua dalam berkomunikasi yang baik terhadap anak. Serta Memberikan semangat dan motivasi kepada orang tua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga dengan menanamkan Komunikasi yang efektif.”

Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Hidayah yang diwakili oleh pengurus, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Krisnaldy, S.E., M.Si. (Ketua TIM PKM).hestu3 Serta Kehadiran Ela Hulasos, S.Sos., M.I.Kom pembawa materi  dengan membawakan topik “Komunikasi yang baik pada anak usia dini dan dampaknya terhadap prilaku anak”. Kemasan materi yang disampaikan dengan atraktif dan menididik, dilengkapi dengan gambar dan dengan contoh nyata menambah fokus perhatian peserta yang hadir. Tidak hanya itu, nilai-nilai spiritual juga disampaikan pada saat memaparkan presentasinya.

Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.30, acara dihadiri oleh 30 Siswa. Sebelum acara diakhiri kedua belah pihak menyampaikan kesan dan pesannya dari penyuluhan yang telah dilakukan dari DKM Masjid Alhidayah. Kesan dan pesan diwakili oleh perwakilan masjid Al Hidayah Bpk. H. Sulaiman, beliau sangat berterimakasih atas penyuluhan yang diberikan oleh TIM PKM Dosen Prodi Manajemen UNPAM. Beliau berharap penyuluhan seperti ini sebaiknya dilakukan tidak hanya sekali saja, tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain dan berkelanjutan guna mensosialisasikan bagaimana membangun karakter anak pada usia dini melalui komunikasi yang efektif.

hestu2Sementara dari pihak Dosen UNPAM diwakili oleh Krisnaldy, S.E., M.Si. (Ketua Tim PKM Prodi Manajemen UNPAM), beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ibu-ibu yang telah hadir mengikuti Penyuluhan, secara khusus kepada pengurus DKM Masjid Al Hidayah  yang telah mempercayakan kepada TIM Dosen Manajemen UNPAM untuk mengadakan kegiatan ini. Beliau juga berharap semoga jalinan kerjasama kemitraan antara UNPAM dengan masyarakat menambah keselarasan keberadaan kampus UNPAM dalam mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi. “Memang sudah semestinya keberadaan kampus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, apalagi mereka yang bertempat tinggaal disekitar kampus” tutur Ketua PKM yang juga berprofesi sebagai Wiraniaga di bidang transportasi Online ini.

Diakhir kegiatan diisi dengan penyerahan cinderamata/kenang-kenangan dari TIM PKM UNPAM kepada Pengurus DKM Masjid Al Hidayah Pamulang. Serta tidak ketinggalan acara ditutup dengan do’a bersama dan sesi foto bersama antara Dosen Unpam dan Pengurus DKM Masjid Al Hidayah.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program menejemen UNPAM tersebut adalah:  Krisnaldy, S.E., M.Si.; Roni Heryatno, S.E., M.M.;  Ahmad Syukri S.Sos., M.Si.; Agus Supriatna, S.E., M.M.; Gos Ishak, S.E., MBA.; Nanda Rodiyatna, S.Kom., M.M.;  Ela Hulasoh, S.Sos., M.I.Kom.;  Alvin Praditya, S.S., M.Ikom.; Magfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd.; Hendri Prasetyo, S.E., M.M.; Hestu Nugroho Warasto, S.E., M.Si. Disamping itu kegiatan PKM juga dibantu oleh mahasiswa unpam Abdul Hoer, Ayu Dhia, Lestari, dan  Falevi K, (dari prodi S1 & S2  Reguler A,B, Dan C Manajemen UNPAM) dan salah satu Alumni Unpam oleh Sdri Shelby Virby.

(Penulis Hestu & Ahmad Syukri )