Program Studi Teknik Industri Unpam Lakukan Pelatihan Induksi Manajemen Bisnis Ala UKM di Rumah Kreatif BUMN Jakarta Pusat

(Jakarta Pusat, 15/01/2018) Kegiatkoran-bu-sri-2an Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Industri Unpam yang telah menjadi kegiatan rutin dilakukan tiap bulannya, telah mengakomodir lebih dari 15 dosen untuk dapat membagi ilmu melalui jalur non formal. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang  merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

img-20180118-wa0049Pada 15 Januari 2018 lalu, kembali Prodi Teknik Industri mengunjungi Rumah Kreatif BUMN Jakarta Pusat dengan mengangkat tema induksi manajemen bisnis ala UKM dan dihadiri oleh anggota RKB yang merupakan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang hendak meningkatkan pengetahuannya tentang hal-hal yang berkaitan dengan usaha atau bisnis mereka. Dalam sambutannya, Wakil Ketua RKB Jakarta Pusat yang menaungi banyak UKM di sekitar Jakarta Pusat, memberikan bocoran bahwa saat ini pemerintah tengah giat dalam memfasilitasi benih UKM agar terus bertumbuh. “Saat ini, Rumah Kreatif kami sedang gencar mendata dan merangkul UKM di sekitar Jakarta. Kami masih mempunyai kapasitas merangkul kurang lebih 1000 UKM baru pada tahun 2018”, terang Wakil Ketua RKB saat menyambut rombongan.

img-20180118-wa0045

Dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pihak RKB sangat membutuhkan bantuan tenaga pengajar dalam membimbing UKM yang bernaung di RKB tersebut. Dalam menjawab tantangan yang diberikan oleh RKB, pihak Unpam  menyanggupi hal tersebut dengan melakukan pelatihan induksi manajemen bisnis ala UKM dimana para pelaku bisnis tersebut diberikan pengetahuan mengenai manajemen persediaan barang, pemasaran via media sosial serta tata cara pencatatan keuangan sederhana. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini di ketuai oleh Laily Maknin Zubaedah, ST., MBA yang mengambil tema “Manajemen Bisnis untuk UKM”, dimana terdapat 3 orang pembicara yang kompeten dibidangnya yaitu Yulizar Widiyatama, M.Eng., Marjuki Zulziar, ST., MT., dan Dyah Puspitasari Sunaryo, SE, M.Ak.

berita-koran-bu-sri

Ketiga pembicara sharing kepada para peserta PKM yang terdiri dari anggota RKB dimana mereka adalah para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mengenai manajemen stok, meningkatkan omzet via medsos, dan trik pembukuan sederhana. Pada umumnya, para peserta yang juga merupakan anggota RKB Jakarta Pusat merasa puas dan bertambah pengetahuannya tentang ketiga hal tersebut.