IMPLEMENTASI ILMU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA MASYARAKAT RW 012 WISMA KAMPUNG BARU, LIMO, DEPOK

pkm-bu-rosa1Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan. Sebagaimana diamanahkan oleh Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian, Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tridharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa ,tenaga kependidikan serta alumni. Melalui pengabdian masyarakat. Sesuai dengan Visi Universitas Pamulang yaitu “Bermutu dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian terjangkau seluruh lapisan masyarakat, berlandaskan Ridha Tuhan Yang Maha Esa”. Dan salah satu Misinya “Menyelenggarakan pembelajaran keilmuan dan keterampilan riset beriring pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dengan mempertimbangkan daya jangkau semua kalangan. Maka dengan ini kami Dosen Prodi S1 Manajemen hadir untuk mengamalkan undang-undang serta mewujudkan visi dan misi UNPAM tersebut. Dalam menjalankan salah satu tri Dharma Perguruan Tinggi tersbut tepat pada hari Sabtu tanggal 9 s/d 11 Desember 2017, beberapa Dosen Program Studi S1 Manajemen UNPAM melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat, berlokasi di RW 012 Wisma Kampung Baru, Grogol, Limo, Depok yang beralamat di Mesjid Almahmudyah Jl.  Kampung Baru RW 012, Grogol, Limo, Depok. 16533. Pada Kegiatan tersebut mengusung sebuah tema “IMPLEMENTASI ILMU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA MASYARAKAT RW 012  WISMA KAMPUNG BARU, LIMO, DEPOK”. Kehadiran para dosen dalam melakukan pengabdian tersebut disambut baik oleh Warga RW 12 Wisma Kampung Baru,  Limo, Depok dan antusiasme Remaja Mesjid serta Karang Taruna yang begitu luar biasa, kehadiran kami membawa angin segar bagi Warga terutama bagi para Remaja. Masyarakat RW 012, Wisma Kampung Baru, Limo, Depok sebagian besar adalah generasi muda usia sekolah, mahasiswa dan karyawan yang kesehariannya tidak terlepas dari pengaruh gadget.

Dalam kondisi menurmoraunnya pkm-bu-rosa-2litas dan keagamaan serta dampak negatif dari kecanggihan teknologi dan berbagai dampak kondisi sosial lainnya, maka Pelatihan dan Diskusi Ilmu Manajemen dalam meningkatkan Iman dan Taqwa di Masyarakat RW 012 Wisma Kampung Baru, Limo, Depok dirasakan sangat perlu  guna mencetak generasi muda yang memiliki moral, ahlak, keagamaan dan pengetahuan yang baik. Sehingga meningkatkan kualitas pribadi generasi muda dalam menghadapi tantangan global dan kecanggihan teknologi serta dampak – dampak negatif sosial lainnya.  Warga RW 012  sangat terbantu sekali dengan materi-materi pelatihan yang disampaikan oleh masing-masing dosen yang sesuai keahliannya. Seperti Dr.Ir. Nardi Sunardi, S.E.,M.M. menyampaikan materi dengan Tema Manajemen Diri, Bapak Ustadz Ust. Hamdi Supriadi, SH.I., M.M menyampaikan materi “Ceramah Keagamaan” dan Ibu Jeni Andriani, S.S., S.E., M.M. menyampaikan materi bagaimana “Meraih Sukses Sejati”. Dari ketiga materi tersebut harapan kami terbalas dengan melihat semangat dan antusiasme para siswa, menurut hasil pantauan kami selama kegiatan, respon Warga, Remaja mesjid dan Karanga Taruna sangat baik. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Remaja Mesjid “Pratama” yaitu Mas Panji dia mengatakan bahwa “kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di RW 012 Wisma Kampung Baru sangat baik guna meningkatkan Iman dan Taqwa Masyarakat terutama kalangan Remaja, dengan harapan akan muncul jiwa-jiwa muda yang sukses namun beriman dan taqwa serta berahlak mulia”. Kegiatan PKM tersebut melibatkan 10 orang Dosen tetap Prodi S1 Manajemen Universitas Pamulang, antara lain : Rosa Lesmana, S.E.,M.M., Nuzul Inas Nabila,S.E.,.M.S.M., Jamaludin, S.E.I.,M.Ec.Dev, Dr. Ir. Nardi Sunardi, S.E,M.M., Kartono, S.E., M.M, Rudy, S.E.,M.M., Arif Surahman, S.E.,M.S.M., Jenni Andriani, S.S.S.E.,M.M., Hamdi Supriadi, SHI., M.M. Berkat kerjasama yang baik antara dosen-dosen tersebut, alhamdulillah kegiatan PKM berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *