Menggali Potensi Diri Melalui Pengembangan Minat Budaya Baca Kepada Anak Usia Dini

pkm-membacausiadini3

Minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak masih sangat rendah. Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca. Menutur Trini Hayati, Pendiri Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, salah satu penyebab rendahnya minat baca anak adalah kesulitan akses untuk mendapatkan buku. Semangat baca yang tinggi pun menjadi tidak berarti tanpa adanya buku yang bisa dibaca. Ada pepatah yang sudah sangat dikenal yaitu “buku adalah gudang ilmu” bahkan lebih ekstrim lagi ada pepatah yang berbunyi “buku adalah jendela dunia”. Pepatah itu mengajarkan kepada kita semua bahwa barang siapa ingin memiliki ilmu (pengetahuan), maka kita harus memiliki buku. Bahkan bila kita ingin “melihat” dunia, maka kita dapat mengintip dunia tersebut terlebih dahulu melalui “jendela dunia” yaitu buku.

pkm-membacausiadini2Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan minat baca anak sejak dini, Tim Dosen Prodi Manajemen Unpam yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang Dosen dan dibantu dengan 2 (dua) staff prodi S1 Manajemen serta 5 orang mahasiswa yang dipimpin oleh Bapak Nugroho Adi Utomo, S.Hut, M.Si. kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Kamis-Jum’at, 23-24 November 2017 dengan tema “Menggali Potensi Diri Melalui Pengembangan Minat Budaya Baca Kepada Anak Usia Dini”. Adapun lokasi PKM bertempat di Masjid Agung Al-Mujahidin Serpong Tangerang Selatan yang merupakan salah satu masjid besar yang terletak di tengah kecamatan Serpong. Selain sebagai tempat ibadah Masjid Agung Al-Mujahidin ini juga digunakan sebagai tempat pendidikan Agama Islam mulai dari usia dini hingga remaja.

Dengan demikian, kegiatan PKM ini menargetkan peserta yaitu semua murid TPA beserta orang tua murid dan para tenaga pengajar TPA Al Mujahidin. Tujuan utama kegiatan ini untuk memotivasi dan menumbuhkan minat baca pada murid TPA serta memberikan tambahan pengetahuan kepada orang tua murid akan pentingnya menumbuhkan minat baca pada anak yang dimulai sejak usia dini. Tujuan kegiatan PKM ini pun selaras dengan Motto Kota Tangerang Selatan yaitu “CERDAS MODERN RELIGIUS” yang mengandung makna bahwa salah satu cita-cita dan harapan untuk mewujudkan masyarakat Kota Tangerang Selatan yang Cerdas dalam arti memiliki ilmu pengetahuan yang luas, berketerampilan baik, disertai prilaku positif.pkm-membacausiadini

Adapun Pelaksanaan kegiatan utama, dilakukan selama dua (2) hari dari Jum’at tanggal 24 November sampai dengan Sabtu, 25 November 2017. Pada hari Jum’at, dilaksanakan kegiatan seminar interaktif dengan narasumber Ibu Mutmainnah,SE., M.M dan Ibu Ma’fiah, S.Pd.I, M.Pd.I yang bertema “Mendidik Anak Di Era Digital” kepada orang tua murid TPA. Kemudian pada hari Sabtu dilaksanakan kegiatan mendongeng (storytelling) bagi anak didik TPA dengan judul ”Si Mongki (Kera) Menjadi Raja Hutan” yang dibawakan oleh Kakak Surti Wardani, S.Sos., M.Si dan Kakak Hanum Puspa Dhiani,.S.Si., M.M. Pada akhir pelaksanaan sebagai bentuk bakti sosial dilakukan penyerahan sumbangan buku bacaan bagi setiap murid dan juga untuk koleksi pustaka TPA Masjid Al Mujahidin. Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan Tim Dosen Prodi S1 Manajemen Unpam dapat membuktikan bahwa ada bakat storyteller (pendongeng) dan “melek secara teknologi digital” sehingga peserta yang hadir sangat antusias mengikuti acara, Adapun total peserta terdiri dari 100 murid TPA, 45 orangtua murid dan 5 staff pengajar TPA. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan digital bagi murid, orangtua dan staff pengajar. Alhamdulillah…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *