Alternatif Pengolahan Sampah Pemukiman Yang Berkelanjutan Menjadi Industri Kecil Daur Ulang Melalui Pendekatan Zero Waste

Program Studi Teknik Industri UNPAM melakukan pengabdian masyarakat pada hari Selasa (12/12/2017) di TPST 012 Griya Bersih Asri, Pamulang Barat perumaham Reni Jaya Baru, kota Tangerang Selatan yang diketuai oleh Ibu Dyah Puspita SP, S.E., M.Si., Ak.

Kegiatan Pengabdian ini turut dihadiri oleh ketua RW 012 Reni Jaya Bpk. Bahru Asap, ketua TPST H. Syafaruddin. AH, Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang Dr. Ir. H. Dadang Kurnia, M.M. Serta dihadiri perwakilan dari dinas lingkungan hidup, pengurus TPST setempat, warga sekitar, dosen dan staf, alumni serta mahasiswa Teknik Industri. Kegiatan tersebut bertemakan alternatif pengolahan sampah pemukiman yang berkelanjutan menjadi industri kecil daur ulang melalui pendekatam zero waste.

dadang                               Gambar 1. Pembukaan oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Dadang Kurnia, MM

Acara tersebut dimulai pukul 9:00 yang diawali dengan sambutan dari ketua RW, ketua TPST dan Dekan Fakultas Teknik Unpam. Acara dilanjutkan dengan observasi lapangan di TPST tersebut, dimana peserta PkM mendapatkan pengetahuan tentang pengolahan sampah yang sudah berjalan. Pengolahan sampah diTPST 012 diawali dari kendaraan pengangkut sampah, setelah itu sampah di pisahkan menjadi kelompok organik dan anorganik dengan mesin pemilah, sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos dan air lindi. Dari hasil observasi lapangan, didapatkan kesimpulan bahwa ada beberapa kendala dari hasil pengolahan tersebut, dimana hasil pengolahan yang berupa pupuk kompos dan pupuk cair belum mendapatkan hasil yang maksimal dan belum menemukan pangsa pasar yang tepat. Sedangkan untuk sampah anorganik mereka sudah mempunyai bank sampah sehingga sampah tersebut lebih terorganisir dengan baik. Setelah observasi berlangsung, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pemateri dari Program Studi Teknik Industri. Sebagai pemateri pertama oleh Bpk. Dr. Hanafi, M.Sc. dengan judul materi kemasan plastik: manfaat dan limbahnya menjelaskan tentang fungsi dan ruang lingkup pengemasan, klasifikasi kemasan, pemilihan plastik untuk bahan pangan, teknologi pengemasan aktif, labeling sebagai sarana pemasaran, masalah limbah kemasan, serta pengendalian limbah serta teknologi ramah lingkungan. Lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Ir. Limanseto, M.Eng. dengan judul materi:  pengendalian dan pemanfaatan sampah rumah tangga menuju bersih lingkungan.zero-wastDari pemaparan tersebut beliau menjelaskan bahwa pengendalian sampah harus dimulai dari ruang lingkup terkecil, yaitu dari diri sendiri yang harus peka terhadap kebersihan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan asri. Setelah itu  acara dilanjutkan oleh pemateri ketiga, yakni perwakilan dari mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang yaitu Ismi Anjani Putri  yang berjudul: penanggulangan limbah sampah organik menggunakan magot. Dari materi tersebut dijelaskan bahwa pemanfaatam sampah organik dapat dimaksimalkan dengan menggunakan larva (magot) yang dibudidayakan dari lalat tentara hitam sehingga menghasilkan output pupuk kompos dan melahirkan sumber protein terbarukan yang digunakan untuk pakan ternak.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan MoU oleh pihak terkait dan diakhiri oleh sesi foto bersama. Dalam MoU tersebut disebutkan bahwa diharapkan kegiatan serupa seperti dapat selalu dan terus ditingkatkan, agar Tempat Pembuangan Akhir tidak lagi kewalahan melihat jumlah sampah yang membludak tetapi sudah dikoordinasikan dahulu di tingkat RW dan diolah dahulu agar menimbulkan manfaat bagi masyarakat sekitar. Diharapkan dengan adanya MoU tersebut pula, Program Studi Teknik Industri dapat terus bersinergi dengan TPST 012 dalam pengolahan limbah tersebut. (/YW & /SU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *