“Membentuk Karakter Diri Untuk Menjadi Generasi Bangsa Bermoral Dan Berakhlak Mulia.”

p-herdiUniversitas Pamulang kembali mengirimkan dosen dan mahasiswa dalam Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal ini dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) yang selalu bersinergi dengan para alumni, Tata Usaha. Kali ini yang melakukan PKM dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Khususnya Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) yang secara periodik melakukan kegiatan ini secara baik di MTs Al Kautsar Kampung Sawah Ciputat kota TangerangSelatan.

Maka pada hari Kamis -Sabtu, tepatnya tanggal 23-25 November 2017 telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat bertempatan di MTs Al-Kautsar Villla Mutiara Jl. Cendrawasih I No. 59,69 Rt 05/Rw 02 (Sawah Baru) Tangerang Selatan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP semester I Universitas Pamulang dengan tema “Membentuk Karakter Diri Untuk Menjadi Generasi Bangsa Bermoral Dan Berakhlak Mulia.”            Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk memenuhinya. Selain itu, sebagai tuntutan akal dan etika bagi mahasiswa atas kewajibannya melakukan proses pembelajaran serta aktualisasi mahasiswa dan dosen di luar kelas.p-herdi2

Peserta pengabdian masyarakat ini terdiri dari seluruh Siswa/I  MTs yang berjumlah 135 siswa/I terdiri dari kelas 7 ( A & B ), Kelas 8 ( A & B ) serta kelas 9 ( A & B ) yang berada di lingkungan Villa Mutiara Jl. Cendrawasih I No. 59,69 Rt 05/02 (Sawah Baru) Tangerang Selatan peserta berjumlah 135 Siswa Siswi Mts Al – Kautsar. Penyuluhan tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa, Alumni, Himpunan Mahasiswa ( HIMA  PPKn ), yang mana jumlah pesertanya sebagai berikut yaitu terdiri dari  9 dosen dari Prodi PPKn FKIP UNPAM di tambah 3 Orang Tata Usaha Prodi, 4 Hima PPkn Unpam, 4 Alumni PPKn dan 7 bapak ibu guru  MTs Al  Kautsar di tambah dua orang Tata Usaha sekolah  dan 26 orang Mahasiswa/i  Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selaku panitia.

Herdi Wisman Jaya,S.Pd.,M.H. selaku ketua PKM kali ini  juga menjelaskan makna pemberian materi pada kegiatan ini sangat penting  bagi kalangan siswa/i  dalam pembentukan moral dan karakter yang sangat dekat dalam kehiduapan masyarakat dengan pemberian materi dan contoh-contoh melalui media yang ada serta gambaran langsung bagaimana membentuk karakter yang baik di lingungan sekolah dan lingkungan rumah tangga yang ada di lingkungan MTs Al Kautsar serta nilai positif juga bagi bapak ibu guru yang ada di lingkungan sekolah  dimana memperkenalkan nilai – nilai dari Pancasila yang diambil contoh dari beberapa kegiatan rutinitas harian yang di lakukan oleh bapak ibu guru yang ada dis sekolah sebagai makhluk social dan menjadi rol model bagi siswa/inya.pherdi3

Selain dosen yang menyampaikan materi di kelas tidak ketinggalan pula apa yang dilakauan oleh mahasiswa/I panitia PKM yang ,menyampaikan materi  dalam proses pengajaran yang di dapat di kampus di aplikasikan oleh mahasiswa di lapangan atau di laboratorium sesunggunya yaitu masyarakar yang ada di sekolah tersebut dan itu dilakukan oleh Mahasiswa Prodi PPKn FKIP di setiap kelas mulai dari kelas VII-IX. Siswa MTs Al-Kautsar diajarkan tentang Nilai-nilai Pancasila dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari selain itu siswa MTs Al-Kautsar juga diajak games yang memotivasi dan membangun kepercayaan supaya tidak terlalu monoton dalam dalam menyampaikan  materi yang di sampaikan. Akhirnya, bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari materi tersebut, maka siswai/I  akan mendapatkan penghargaan  sebagai tanda bahwa siswa tersebut telah bisa mencerna apa yang diajarkan oleh dosen dan  Mahasiswa PPKn FKIP Universitas Pamulang.

Implementasi dari PKM kali ini , yang berdampak bagi mahasiswa yang ikut dalam kegiatan PKM ini sangat banyak selain mendapatkan ilmu secara langsung dan mempraktekannya dalam masyarakat secara tatap muka dengan siswa/I yang ada di MTs Al Kautsar juga  adanya permintaan yang special dari pihak sekolah guna menjaga hubungan yang telah tercipta baik serta  menambah keilmuan bagi mahasiswa/I calon guru nantinya setelah selesai belajar di bangku kuliah maka timbal balik dari pihak yayasan meminta kepada Kaprodi PPkn Drs.H.Alinurdin,M,Pd untuk mengirimkan mahasiswanya sebagai guru bantu dalam Proses Belajar Mengajar di MTs Al  Kautsar yang akan memulai PBM tersebut pada senin, tanggal 27 November 2017 dengan waktu yang belum di tentukan.

Maka pimpinan di Prodi atau  Kaprodi telah  mengirimkan 6 orang mahasiswa/I sebagai perwakilan sesuai permintaan dari pihak sekolah dengan evaluasi secara periodik dan dalam pengawasan oleh dosen pembimbing bapak Herdi Wisman Jaya selaku dosen Pembimbing Akademik ( PA ), Mahasiswa/I yang mendapatkan tugas sebagai guru bantu tersebut adalah sbb :

  1. Hifzan Walady NIM : ( 171011500079 ) Kls 01PPKP001
  2. Ade Dwi Cahya NIM :  ( 171011500149 ) Kls 01PPKP001
  3. Febrian Sukma NIM : ( 1710115002115 ) kls 01PPKP002
  4. Indah Yuningsih NIM : ( 171011500237 ) Kls 01PPKP002
  5. Maretha Tri Andini NIM : ( 171011500204 ) kls  01PPKP002
  6. Putri Aryani NIM :  ( 171011500267 ) kls 01PPKP002

 

Semoga dengan adanya hubungan baik dapat menciptakan kerja sama dan pembelajaran yang terbaik kedepannya tidak hanya bagi Dosen, Alumni, Guru, Hima, Alumni dan mahasiswa namun bagi dunia Pendidikan pada umumnya. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *