Memperkenalkan Adat dan Budaya Nusantara ( Penerapan Dari Nilai – Nilai Pancasila)

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang pada hari Sabtu, Minggu dan Senin tanggal 11 s/d 13 November 2017 di Yayasan Kesejahteraan Umat Al – Aulia Sawangan, Depok telah mpkn-aulia3enyelenggarakan penyuluhan dan pemberian informasi kepada anak – anak asuhan Yayasan Kesejahteraan Umat Al – Aulia dan masyarakat sekitar yayasan. Materi yang diberikan pada kegiatan ini adalah Memperkenalkan Adat dan Budaya Nusantara ( Penerapan Dari Nilai – Nilai Pancasila). Kegiatan ini diketuai oleh Ichwani Siti Utami, S.Pd.,MH mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan selama tiga hari, dimana pada hari sabtu tim pelaksana melakukan kunjungan observasi tempat dan pengajuan perizinan kepada pihak yayasan, hari minggu penyuluhan dan pada hari senin kami melakukan evaluasi dan laporan hasil kegiatan tersebut..

Ichwani Siti Utami, S.Pd.,MH  juga menjelaskan pemberian materi pada kegiatan ini yang dimana memperkenalkan adat dan budaya yang diambil contoh dari beberapa suku di Indonesia  peserta yang bertujuan agar peserta umumnya masyarakat Indonesia dapat menghargai perbedaan yang terdapat di Indonesia meliputi suku, ras dan agama. Mengetahui tentang contoh hukum adat dari berbagai suku di Indonesia, Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan untuk bangsa Indonesia dll.pknualia2

Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,MH salah satu dosen yang memberikan materi berkaitan dengan nilai – nilai pancasila mengatakan dari berbagai adat dan budaya yang dimiliki oleh Negara kita (red.Indonesia) sudah ada terkandung pada sila –sila pertama yang bisa diambil contoh pada sila kedua “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”  bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan  manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit , tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan dan yang terpenting bahwa kita sebagai manusia harus menyadari betul kita hidup di dunia ini hasil ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Dan tentunya pknaulia4Pengabdian kepada Masyarakat bagi anak – anak Yayasan Kesejahteraal Umat Al-Aulia bertujuan menyadarkan peserta betapa pentingnya mengamalkan Nilai – Nilai Pancasila dalam berkehidupan di masyarakat.

Peserta pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari siswa SMP dan SMA yang berada dilingkungan Yayasan Kesejahteraan Umat Al-Aulia Peserta sejumlah 35 peserta.  Penyuluhan tersebut di laksanakan  oleh mahasiswa dan HIMA dengan 20 dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang, 2 alumni, dan 2 staff prodi. Diantaranya dihadiri , Ketua Prodi PPKn – FKIP UNPAM Drs.H. Alinurdin.,M.Pd, dan dosenaulia5-dosen tersebut yaitu Ichwani Siti UtamiS.Pd.,MH, Yulita Pujilestari.,MH, Endang Prastini.,S.Pd.,MH, Amelia Haryanti.,MH, Feri Kurniawan.,MH, Amni Leonawaty.,SH.,M.Pd, Herdi Wisman Jaya.,S.Pd.,MH, Abi Robian.,S.Pd.,MH, Sucipto,S.sos., MM,  Aep Saefullah, S.Ag.,M.Pd, Eti Hayati.,M.Pd, Nurdiyana.,S.Pd.,MH, Drs. Samino MA, Imam Fitri Rahmadi,S.Pdi,M.Pd, Drs. Abdul Kohar, Drs. Palogo Balianto, M.Pd, Amrizal Siagian.,S.Hum.,M.Si, Arif Hidayat, S.H.I, MH dan di ikuti 1 dosen prodi manajemen yaitu Anisa Nurdina, S.Pd.,MM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *