“Penyuluhan Perencanaan Bisnis, Manajemen keuangan dan Strategi Pemasaran guna mempersiapkan Siswa/I School of Universe menjadi Wirausaha Muda”

Parung-Bogor. 25-27 Oktober 2017 lalu, 10 orang dosen dan 6 orang mahasiswa dan 2 staff dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Alam School of Universe, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program Manajemen UNPAM tersebut adalah (1). Rahmi Hermawati, Spd.,M.M, (2) Veritia,S.E.,M.M, (3) Rima Handayani, S,E.,M.Si (4) Eni Puji Astuti, S.E.,M.M (5) Amthy Suraya, S.E.,M.M (6) Jamaludin, S.E.,M.M (7) Achmad Agus Yasin Fadli, S.E.,M.M (8) Wahyu Nurul Faloh, S.Kom.,M.M (9) Novia Susanti, S.E.,M.M  (10) Syahrial,S.E.,M.M. Sedangkan tim dari mahasiswa adalah (1) Rahmat Setiabudi (2) Gusti Triyanto (3) Desi Pamungkas (4) Nindy Octaviani (5) Eza Gadis Liyani (6) Aisyah Aufaizah.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini  mengangkat tema “Penyuluhan Perencanaan Bisnis, Manajemen foto1burahmi-barukeuangan dan Strategi Pemasaran guna mempersiapkan Siswa/I School of Universe menjadi Wirausaha Muda”. Tema ini diambil berdasarkan kebutuhan dari siswa-siswi School of Universe (SoU) yang telah mempelajari dunia kewirausahaan (bisnis) sejak dini, dimana SoU menerapkan empat pilar yaitu Leadership, Bussiness, Logic dan Berahlak Mulia. Untuk itu PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa/i SoU terhadap membuat perencanaan bisnis yang baik, mengelola keuangan yang benar  serta bagaimana melakukan pemasaran yang baik secara offline maupun online.

Pada tanggal 25 Oktober 2017, tim dosen dengan pihak manajemen dan yayasan SOU melakukan sesi diskusi. Teori dan praktik tentang manajemen, kewirausahaan dan pemasaran dibahas didiskusi ini. Kemudian esok nya, 26 Oktober 2017, penyuluhan diadakan dengan mengusungkan tiga materi yakni perencanaan bisnis (Rahmi Hermawati, Spd.,M.M dan Syahrial,S.E.,M.M), pemasaran (Wahyu Nurul Faloh, S.Kom.,M.M dan Novia Susanti, S.E.,M.M ) dan manajemen keuangan dasar (Jamaludin, S.E.,M.M dan Achmad Agus Yasin Fadli, S.E.,M.M). Agar penyuluhan tidak membosankan, penyuluhan ini diselingi dengan ice breaking dan tanya jawab serta pemutaran video. Para siswa/i yang berjumlafoto2burahmibaruh sekitar 30- an terlihat sangat antusias saat berlangsungnya acara.

Hari terakhir, 27 Oktober 2017. Para siswa/i berkumpul bersama seluruh tim PKM untuk melakukan sharing session tentang business plan mereka. Sesi ini dibagi dua kelompok, kelompok satu yakni kelompok dimana siswa/i belum memiliki bisnis. Sedangkan kelompok kedua, adalah kelompok dimana mereka telah memiliki bisnis dan telah berjalan. Tim PKM berdiskusi dengan dua kelompok tersebut dan yang sangat menarik adalah penampilan presentasi bisnis dari 3 orang wirausaha muda yang hebat dari SoU. Mereka memaparkan ide bisnis mereka, dan bisa dijadikan contoh bagi siswa/I yang lainnya.  Kemudian tim PKM memberikan pertanyaan, saran serta kritikan tentang business plan mereka.

Sesi terakhir adalah pembfoto3burhami-baruerian piagam penghargaan dari tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang kepada Pihak Yayasan SOU. Piagam dari Pihak UNPAM diserahkan oleh Ibu Rahmi Hermawati, Spd,M.M kepada Bapak  Ir. Lendo Novo selaku pemilik dan pendiri Yayasan Sekolah Alam Semesta dan penggagas sobat bumi. Beliau sangat berdedikasi tinggi untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang memiliki kepemimpinan, berpikiran logis, dan berakhlak mulia. SoU memiliki visi yang sangat berbeda dengan sekolah umum yaitu mendampingi setiap anak manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi dan memberi rahmat bagi sekalian alam. Atas dedikasinya pernah mendapatkan CSR Award dari majalah SWA.fot4burahmi4

Para calon pengusaha-pengusaha muda ini sangat memerlukan ilmu-ilmu lain selain apa yang diberikan disekolah, jadi kedatangan tim PKM Prodi Manajemen UNPAM sangat membantu meluaskan khazanah ilmu mereka agar bisa menjadi pengusaha yang sukses”, ujar Ibu Yusriana ketua yayasan SoU dan Maestro Technopreneur yang juga istri dari pak Lendo sambil mengucapkan terima kasih kepada tim PKM dan menunggu kedatangan kembali untuk melakukan penelitian di Sekolahnya. Acara pun ditutup dengan berfoto bersama, saling bersalaman dengan siswa/i yang ternyata masih belum puas dengan kehadiran kami. Kegiatan ini meninggalkan kesan yang mendalam karena kami semua bisa saling berbagi ilmu yang bermanfaat lewat kegiatan PKM ini. (Penulis Veritia).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *