Dosen UNPAM Ramai-Ramai Berdayakan Ekonomi Kreatif

Dosen dan Mahasiswa UNPAM dorong ekonomi kreatif di Kelurahan Babakan, Tangsel (dok. Peko)

 

 

JABARTODAY.COM –  Universitas Pamulang bertekad untuk selalu berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya pembangunan sektor ekonomi kreatif dalam masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan   Tri dharma perguruan tinggi dan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dengan pembinaan dari 10 orang dosen telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut dikemas dengan  tema “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat  Kreatif Melalui Pembuatan Sandal Hias. Kegiatan tersebut berlangsung  mulai hari jumat-minggu 15-17  September 2017.

Menurut Ketua Panitia PKM Fika Rahmanita, S.Pd, M.M pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan sandal hias yang terbuat dari limbah kain yang tidak terpakai. “Kegiatan ini adalah wujud tanggung jawab kami sebagai akademisi dalam membantu pengembangan ekonomi kreatif. Kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar kampus,” kata Fika penuh semangat.

Melalui melalui pembuatan sandal hias, Fika dan para dosen itu  berharap dapat memiliki nilai tambah secara ekonomi. “Kami fokus pada usaha meningkatkan manfaat dari bahan-bahan yang tidak terpakai namun memiliki peluang dan nilai ekonomi yang tinggi,’’ ujar Fika didampingi rekannya Badrus.

Ibu-Ibu Rumah tangga Kelurahan Babakan, Tangsel sedang berlatih buat sandal hias (dok.Peko)

Badrus yang juga dosen Peko (Pendidikan Ekonomi) UNPAM itu juga menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan kerjasama  masyarakat dan kampus agar terus bersinergi membangun masyarakat. “Kampus harus mendorong perubahan dalam masyarakat, kampus harus menjadi pusat inovasi dan kemajuan dalam masyarakat,” jelas Badrus.

Selama kegiatan berlangsung para peserta yang merupakan ibu-ibu rumah tangga itu terlihat antusias mengikuti pelatihan yang dipandu para dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi dan didampingi oleh mahasiswa-mahasiswa  dalam pembuatan sandal hias.

Sementara itu,  Sekretaris Kelurahan Babakan Madih SE, menyambut baik PKM dari Universitas Pamulang tersebut.

“Kami berharap ada keberlanjutan kerjasama dengan kelurahan, kami disini membutuhkan pendampingan seperti yang dilakukan sekarang ini. Kegiatan ini sangat positif dalam  pengembangan usaha kecil menengah yang ada di wilayah kelurahan babakan ini” jelas Madih. (sumber: jabartoday)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *