Motivasi Belajar Anak Yatim Jadi Fokus Pengabdian Dosen UNPAM

 

Penyerahan Plakat Kegiatan PKM Unpam

JABARTODAY.COM – Fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara, demikian bunyi Pasal 34 UUD 1945. Namun pada praktiknya, nasib mereka bukan menjadi tanggung Negara, namun justru menjadi beban dan tanggung-jawab masyarakat sendiri. Oleh karena itu, para dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang tergerak untuk membantu memperbaiki nasib anak-anak yatim tersebut.

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang,  Dr. Amin Kuneifi Elhami, SE, MM mengatakan, pihaknya sengaja merancang program Pengadian Masyarakat tersebut dengan beberapa model pengembangan. “Kami memang sengaja merancang program PKM itu dari beberapa aspek, mulai soal peningkatan skill atau keterampilan, pengembangan wawasan, hingga penumbuhan motivasi,” jelas Amin.

Amin menambahkan, anak yatim juga tak luput dari bidikan UNPAM. “Anak yatim tak boleh minder, mereka punya hak yang sama untuk meraih kemajuan. Untuk itu, maotivasi mereka harus kita bangkitkan, kita tumbuhkan, kita kembangkan,” cetus alumnus Doktor Pendidikan Ekonomi Universitas Malang itu.

Ketua pelaksana PKM, Enggar Prasetyawan, M.Pd menjelaskan, kegiatan PKM tersebut

berlangsung sejak 10, 17 dan 24 September 2017 bertempat di Yayasan Anak Yatim Bani Abbas, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. “Kegiatan ini kami fokuskan pada usaha meningkatkan motivasi berpestasi dan rasa percaya diri anak yatim,” jelas Enggar, kepada Jabartoday.com, Rabu (27/9).

Para dosen sedng berpose bersama peserta (dok.peko)

Enggar menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan motivasi belajar anak-anak yatim, khususnya di Yayasan Bani Abbas. “Memotivasi mereka adalah penting agar tetap mempunyai mimpi dan cita-cita yang tinggi. Tempat dan keadaan bukanlah penghalang bagi anak-anak untuk berhasil meraih cita-cita dan impian mereka. Anak-anak harus tumbuh mencari generasi yang percaya diri dan berprestasi,” ujar Enggar.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor II Universitas Pamulang Drs. Subarto, M.Pd. Dalam sambutannya Subarto berharap agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan dapat bermanfaat bagi para dosen maupun para anak yatim yang jadi target sasaran kegiatan. Selama kegiatan berlangsung, para anak yatim itu terlihat sangat antusias mengikutinya. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 anak yatim yang terdiri atas 30 anak perempuan dan 20 anak laki-laki. (Sumber: Jabartoday)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *