Category Archives: KEGIATAN PENGABDIAN

Ini Yang Dilakukan Dosen Unpam Dalam Bersedekah Ilmu

TangselMedia – Banyak anak Indonesia berusia sekolah tetapi lemah secara fisik maupun kecerdasan. Namun, ‘’menolak, mengabaikan, mengasingkan atau mengeliminasi anak yang lemah, berarti kita telah dengan sengaja menepis uluran tangan Tuhan untuk merangkul kita dalam pangkuan-Nya yang berselimutkan rahmat, kebahagiaan, dan kedamaian abadi.’’ Demikian dituturkan Dosen Universitas Pamulang (Unpam) Teguh Yuwono, kepada kepala sekolah dan guru SMPN 153 Kebayoran Lama Jakarta Selatan, 14 Februari 2018.

Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat, Inginkan Petani Go Online dan Gelar Pengobatan Gratis

Upaya memajukan masyarakat tidak hanya menjadi tugas Pemerintah saja. Siapapun yang tergerak dan memiliki gagasan-gagasan pemberdayaan bagi masyarakat bisa diterapkan dimana saja. Seperti yang dilakukan perwakilan dari Universitas Pamulang.

Enam orang dosen yang diketuai oleh Patria Adhistian, ST,. MM mendatangi masyarakat di Kalijambe, Jumat (16/2) di Aula Kantor Kalijambe. Kedatangannya dalam rangka penyuluhan agar para petani bisa melek informasi dan bisa memasarkan hasil panennya melalui sistem online.

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNPAM MELAKUKAN PELATIHAN INDUKSI MANAJEMEN BISNIS ALA UKM DI RUMAH KREATIF BUMN JAKARTA PUSAT

(Jakarta Pusat, 15/01/2018) Kegiatkoran-bu-sri-2an Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Industri Unpam yang telah menjadi kegiatan rutin dilakukan tiap bulannya, telah mengakomodir lebih dari 15 dosen untuk dapat membagi ilmu melalui jalur non formal. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang  merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

IMPLEMENTASI ILMU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA MASYARAKAT RW 012 WISMA KAMPUNG BARU, LIMO, DEPOK

pkm-bu-rosa1Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan. Sebagaimana diamanahkan oleh Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menggali Potensi Diri Melalui Pengembangan Minat Budaya Baca Kepada Anak Usia Dini

pkm-membacausiadini3

Minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak masih sangat rendah. Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca. Menutur Trini Hayati, Pendiri Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, salah satu penyebab rendahnya minat baca anak adalah kesulitan akses untuk mendapatkan buku. Semangat baca yang tinggi pun menjadi tidak berarti tanpa adanya buku yang bisa dibaca. Ada pepatah yang sudah sangat dikenal yaitu “buku adalah gudang ilmu” bahkan lebih ekstrim lagi ada pepatah yang berbunyi “buku adalah jendela dunia”. Pepatah itu mengajarkan kepada kita semua bahwa barang siapa ingin memiliki ilmu (pengetahuan), maka kita harus memiliki buku. Bahkan bila kita ingin “melihat” dunia, maka kita dapat mengintip dunia tersebut terlebih dahulu melalui “jendela dunia” yaitu buku.

pkm-membacausiadini2Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan minat baca anak sejak dini, Tim Dosen Prodi Manajemen Unpam yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang Dosen dan dibantu dengan 2 (dua) staff prodi S1 Manajemen serta 5 orang mahasiswa yang dipimpin oleh Bapak Nugroho Adi Utomo, S.Hut, M.Si. kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Kamis-Jum’at, 23-24 November 2017 dengan tema “Menggali Potensi Diri Melalui Pengembangan Minat Budaya Baca Kepada Anak Usia Dini”. Adapun lokasi PKM bertempat di Masjid Agung Al-Mujahidin Serpong Tangerang Selatan yang merupakan salah satu masjid besar yang terletak di tengah kecamatan Serpong. Selain sebagai tempat ibadah Masjid Agung Al-Mujahidin ini juga digunakan sebagai tempat pendidikan Agama Islam mulai dari usia dini hingga remaja.

Dengan demikian, kegiatan PKM ini menargetkan peserta yaitu semua murid TPA beserta orang tua murid dan para tenaga pengajar TPA Al Mujahidin. Tujuan utama kegiatan ini untuk memotivasi dan menumbuhkan minat baca pada murid TPA serta memberikan tambahan pengetahuan kepada orang tua murid akan pentingnya menumbuhkan minat baca pada anak yang dimulai sejak usia dini. Tujuan kegiatan PKM ini pun selaras dengan Motto Kota Tangerang Selatan yaitu “CERDAS MODERN RELIGIUS” yang mengandung makna bahwa salah satu cita-cita dan harapan untuk mewujudkan masyarakat Kota Tangerang Selatan yang Cerdas dalam arti memiliki ilmu pengetahuan yang luas, berketerampilan baik, disertai prilaku positif.pkm-membacausiadini

Adapun Pelaksanaan kegiatan utama, dilakukan selama dua (2) hari dari Jum’at tanggal 24 November sampai dengan Sabtu, 25 November 2017. Pada hari Jum’at, dilaksanakan kegiatan seminar interaktif dengan narasumber Ibu Mutmainnah,SE., M.M dan Ibu Ma’fiah, S.Pd.I, M.Pd.I yang bertema “Mendidik Anak Di Era Digital” kepada orang tua murid TPA. Kemudian pada hari Sabtu dilaksanakan kegiatan mendongeng (storytelling) bagi anak didik TPA dengan judul ”Si Mongki (Kera) Menjadi Raja Hutan” yang dibawakan oleh Kakak Surti Wardani, S.Sos., M.Si dan Kakak Hanum Puspa Dhiani,.S.Si., M.M. Pada akhir pelaksanaan sebagai bentuk bakti sosial dilakukan penyerahan sumbangan buku bacaan bagi setiap murid dan juga untuk koleksi pustaka TPA Masjid Al Mujahidin. Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan Tim Dosen Prodi S1 Manajemen Unpam dapat membuktikan bahwa ada bakat storyteller (pendongeng) dan “melek secara teknologi digital” sehingga peserta yang hadir sangat antusias mengikuti acara, Adapun total peserta terdiri dari 100 murid TPA, 45 orangtua murid dan 5 staff pengajar TPA. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan digital bagi murid, orangtua dan staff pengajar. Alhamdulillah…..