Category Archives: KEGIATAN WORKSHOP

Pelatihan Pendampingan Pengelolaan OJS oleh LPPM Unpam

img_0134Tangerang Selatan (11/10/2018) : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpam mengadakan pelatihan pendampingan pengelolaan Open Journal System (OJS) kepada para pengelola jurnal di bawah LPPM Unpam. Pelatihan tersebut dilakukan di Ruang Rapat lt. 8 Gd Kampus II. 

Kejar Kualitas Publikasi Ilmiah, UNPAM Gandeng Turnitin

whatsapp-image-2018-08-03-at-16-36-12Tangerang Selatan (1/8/2018): Sesuai dengan visi Unpam tahun 2024 masuk 40 besar perguruan tinggi nasional, Unpam kejar kualitas. Salah satunya kualitas publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.

Melalui LPPM, Unpam gandeng Turnitin untuk melatih dosen dalam pengecekan plagiasi karya tulis sebelum dipublikasikan. Publikasi tersebut meliputi laporan hasil penelitian, jurnal, bahkan tugas akhir mahasiswa.

Turnitin turunkan instrukturnya, Frida Tri Ekaputri untuk melatih dosen Unpam. Pelatihan tersebut berupa pembuatan akun Turnitin dan bagaimana cara pengelolaannya.

LPPM Unpam Gelar Workshop Full Day

workshop3Pamulang- Senin, 16 April 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) selenggarakan workshop full day. Workshop yang dihelat di Aula STIKes ini mengusung tema, “Strategi Memenangkan Hibah Ristekdikti.”.

Menurut pantauan kontributor Unpam, workshop yang mendapat sponsor dari Bank BTN Cabang Ciputat ini mengundang sejumlah pemateri yang sangat kompeten dalam bidangnya. Dua reviewer nasional Kemenristekdikti: Dr. Tjipto Sumadi dan Dr. Sri Fadila hadir berbagi strategi meraih hibah Ristekdikti. Keduanya bersepekat bahwa penelitian di Ristekdikti itu sangat mudah, tinggal kemauan serta kesungguhan dari kita sebagai dosen.

Workshop Strategi Memenangkan Hibah Ristekdikti

pamflet-001

img_20180416_0001

 

Materi Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd (Reviwer Nasioanal Kemristekdikti) panduan-edisi-xii_workshop_unpam

Materi Dr Sri Fadila, S.E., M.Si., Ak., CA (Reviewer Nasioanal Kemristekdikti) 6-sri-fadilah-pelatihan-unpam-160418

 

MATERI SOSIALISASI RIRN DAN ARN UNIVERSITAS PAMULANG, 01 AGUSTUS 2017

Berikut adalah Materi Sosialisasi RIRN dan ARN Universitas Pamulang, 1 Agustus 2017

  1. Dr. Ir. IRA NURHAYATI DJAROT, M.Sc : Klik DISINI
  2. MATERI Dr. LUKMAN, ST, M.Hum : Klik DISINI
  3. Buku Panduann Jurnal  Dr. LUKMAN, ST, M.Hum : KLIK DISINIl
  4. MATERI DR. HARYANTO, S.Kom, M.TI : Klik DISINI

sosialisasi-rirn

Tim PKM Dosen Manajemen UNPAM “Mengabdi”untuk Karang Taruna di Kelurahan Pondok Benda Kota Tangerang Selatan

Akhir bulan April 2017yang lalu, tepatnya hari Ahad, 30April 2017, diadakan kegiatan tim dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana menguatkan kembali peran Karang Taruna sekaligus menangkap peluang pengembangan pemberdayaan masyarakat. Tim dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM), berjumlah 10 orang, bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Pondok Benda.Brainstorming telah dilakukan antara tim dosen Unpam dengan Karang Taruna Kelurahan pondok benda yang pada akhirnya bersepakat untuk mengadakan seminarReorientasi Peran Karang Taruna: Mengembangkan Manajemen Organisasi yang SelarasDengan Konteks Pembangunan Daerah. Kegiatan ini dilatarbelakangi atas baru terbentuknya pengurus karang taruna dan berharap agar bisa mengoptimalkan dan kembali meningkatkan institusi karang taruna ini.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan konsep seminar yang dihadiri oleh sekitar 50-an peserta yang datang dari perwakilan Karang Taruna di tingkat RW di lingkup kelurahan Pondok Benda. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan membangkitkan kembali kegiatan kepemudaan melalui wadah organisasi yang sudah lama ada, yaitu Karang Taruna, memberikan motivasi serta kepercayaan diri segenap pengurus dan anggota Karang Taruna Kelurahan Pondok Benda, Pamulang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama kali disampakan oleh Ibnu Fajar, SE yang menegaskan keinginannya untuk memajukan kembali kegiatan Karang Taruna dalam kepengurusan yang baru. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan, Bapak Hasan Azhari, SE Yang juga selaku Pembina Karang Taruna kelurahan. Beliau menjelaskan sejarah pasang surutnya lembaga karang taruna kelurahan Pondok Benda sejak lama, dan ingin sekali kembali meningkatkan kinerja lembaga ini, karena lembaga ini sudah eksis sebetulnya sejak tahun 1980-an.Terakhir adalah sambutan dari Ketua tim PKM dosen UNPAM, Arif Siaha Widodo, SE. MM, yang mengangkat kembali peran dosen terkait dengan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat

Hasil yang positif juga bisa didapatkan dari kegiatan ini, karena kegiatan ini juga berhasil mendatangkan seorang anggota dewan komisi I DPRD Kota Tangerang Selatan, Safrudin SH yang berkenan memberikan informasi terkait dengan peran legislatif dalam mengayomi lembaga kemasyarakatan. Beliau menyebutkan bahwasannya saat ini sedang dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Lembaga Kemasyarakatan yang salah satu lembaganya adalah Karang Taruna. Kebijakan ini nantinya diharapkan akan menguatkan institusi-institusi yang sudah eksis di masayarakat dan pemerintah bisa memberikan perhatian lebih terhadap institusi ini nantinya, khususnya terkait dengan pengembangan program kegiatan dan juga dukungan anggaran tentunya.Nara sumber berikutnya adalah berturut-turut adalah Dedek Kumara, SE. MM., Ahmad Dimyati, S.Sos.I., M.IKom., dan Taufik Awaludin SE., M.Si. Ketiganya bersinergi untuk memberi pemaparan terkait dengan pemberdayaan karang taruna melalui pengembangan zona baca, Motivasi diri pengembangan karakteristik anggota karang taruna, serta terkait fungsi dan karakteristik organisasi serta bagaimana melakukan analisis organisasi untuk eveluasi kinerja organisasi, khususnya Karang Taruna.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi dari peserta yang mempertanyakan permasalahan-permasalahan riil karang taruna di kelurahan pondok benda. Banyak cara nyata yang bisa dilakukan sebenarnya, dimulai dari kreativitas pemuda dan dilanjutkan dengan mengenali kondisi lingkungan sekitar untuk menentukan suatu  masalah yang kemudian bisa dipecahkan melalui kegiatan aksi nyata yang bisa jadi salah satu program kegiatan yang akan dilaksanakan Karang Taruna. Kegiatan tim dosen PKM UNPAM ini diharapkan juga bisa menjadi momentum awal kebangkitan Karang Taruna ke depan, dan UNPAM bisa berkontribusi kembali terkait dengan pengembangan institusi ini.

 

 

 

 

Networking lunch Akuntan Muda “Aspiring Profesional Accountans”

Ikatan Akuntan Indonesia menyelenggarakan acara networking lunch dan meet and greet akuntan muda pada hari Selasa, 16 Mei 2017 di gedung grha Akuntan, JL. Sindang Laya No. 1 Menteng Jakarta. Peserta dalam acara ini sebanyak 35 orang merupakan perwakilan Himpunan Mahasiswa akuntansi se-Jabodetabek yang diantaranya terdiri dari Universitas Pamulang, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Unisma Bekasi, STIE Trisakti, STIE Ahmad dahlan, dan lain-lain. Narasumber dalam acara ini yaitu Ibu Elly Zarni Husin, CA., FCMA., CGMA yang merupakan seorang Executive director dari Ikatan Akuntan Indonesia. Beliau memaparkan materi mengenai pengenalan tugas dan fungsi IAI serta mensosialisasikan kepada peserta pentingnya setifikasi Chatered Accountant (CA).

Adanya kualifikasi akuntan profesional dengan sebutan CA, diharapkan dapat menjamin dan meningkatkan mutu pekerjaan akuntan yang profesional dan memiliki daya saing di tingkat global sehingga siap menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.Dalam acara networking lunch ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok secara random untuk mendiskusikan studi kasus yang diberikan IAI dandiakhiri dengan presentasi dari masing-masing kelompok. Dari 5 kelompok yang telah memaparkan presentasi hasil diskusi dari studi kasus maka terpilih 2 kelompok terbaik. Kelompok terbaik yang pertama salah satu anggotanya berasal dari Universitas Pamulang yaitu Adrian Ramadhan. Tim tersebut menyarankan agar IAI lebih mengoptimalkan kinerja para anggota IAI muda dalam mencapai tujuan IAI ditingkat akuntan muda. Salah satunya meningkatkan mutu pendidikan akuntan dikalangan muda.

Kesan yang didapat dari kegiatan tersebut adalah IAI telah memberikan informasi mengenai peranan dan fungsi IAI, memperluas networking dan relasi antar mahasiswa akuntansi, menyatukan visi dan misi antara IAI dengan mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan akuntan.

img_9294  img_9317-1-1

img_9455  img_9505-1

img_9554

CREATIVE TALKSHOW DAN MILAD HIMA AKUNTANSI S1

Creative Talkshow dan Milad Hima Akuntansi S1 UNPAMdiselenggarakan pada Senin 16 Mei 2017 oleh Hima Akuntansi S1 Universitas Pamulag. Tujuan dari acara ini untuk menumbuhkan jiwa wirausaha muda dari mahasiswa Akuntansi s1 Unpam sejak masih kuliah. Acara ini dihadiri oleh Dekan fakultas Ekonomi Bpk Ir Budi Hasmanto, Kaprodi Akuntansi S1 Bpk. Endang Ruhiyat, Wakaprodi Akuntansi S1 Ibu Nofriyanti, jajaran dosen Akuntansi S1 dan 470 mahasiswa sebagai peserta. Creative talkshow dikemas dan diisi oleh narasumber yang kreatif dan inovatif yaituNoor Sonna Maesana merupakan CEO PT Satria Akasa Investama  Kompartemen bidang hubungan Internasional HIPMI Jaya, Tyovan Ari Widagdo merupakan CEO and founder of Bahaso dan 30 Under 30 Forbes International The Asian Prodigy by FQ German ,dan Sukron Ma’mun Owner Positive Republic Online Marketing dengan moderator Ryan Raditya Syahifudin mahasiswa akuntansi S1 semester 8.Hima akuntansi S1 berharap acara ini bisa menjadi awal dari lahirnya pengusaha muda baru yang kreatif dan inovatif di area UNPAM sesuai dengan tema acaranya yakni “Saatnya Jadi Pengusaha Muda Sebelum Wisuda”. Acara dimulai dengan pemaparan materi dari narasumber Creative Talkshow dan diskusi aktif dengan peserta mahasiswa. Diakhir acara Creative Talkshow ditutup dengan acara Milad Hima Akuntansi S1 bertepatan hari lahirnya Himpunan Mahasiswa Akuntansi S1 UNPAM yang ke 8. Semoga diusia yang baru ini HIMA Akuntansi S1 dapat menjadi pelopor dan terus memberikan inspirasi bagi teman-teman mahasiswa Akuntansi dan juga bisa berkembang kearah yang lebih baik lagi.Acara Creative Talkshow dan Milad Hima Akuntansi S1 ini disponsori oleh Surabi Bingung, Acara Baru dan didukung oleh Kelurahan Ciputat Timur dan Pengusaha Kampus Tangerang Selatan.

img-20170516-wa0019   img-20170516-wa0020

img-20170516-wa0021   img-20170516-wa0022

img-20170516-wa0023

Unpam Gelar Workshop Strategi Pengelolan Perguruan Tinggi

workshop1

Pamulang – Komitmen Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup dan Rektor Unpam pada visinya mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas dan bermutu benar-benar menaruh harapan serius untuk mewujudkannya. Awal tahun baru 2017, tepatnya 2 Januari Unpam adakan workshop strategi pengelolaan perguruan tinggi selama dua hari ke depan. Adalah Prof. Dr. Djoko Sutarno diundang sebagai pemateri dalam rangka mendiskusikan strategi pengelolaan PT.

“Awal tahun baru ini adalah awal yang baik bagi kita untuk mengembangkan Unpam ke depan” demikian dikatakan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup di hadapan 54 peserta workshop.

  Sementara Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat menaruh harapan besar pada peserta seminar agar workshop hari ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan institusi ke depan.

 Pada awal materinya Prof. Djoko, begitu ia akrab dipanggil memaparkan strategi agar mahasiswa lulus tepat waktu. Pria yang sehari-hari sebagai dosen Binus itu menawarkan sejumlah solusi, di antaranya: desain kurikulum agar 4 tahun lulus dan desain proses pendidikan agar mahasiswa yang lulus memiliki IPK lebih dari 3.

 Prof. Djoko juga menyoal mahasiswa lambat lulus karena harus menuntaskan skripsinya. Untuk itu Asesor BAN PT menggulirkan isu agar memberlakukan ujian komprehensif sebagai pengganti skripsi. Hal itu memang telah diatur dalam undang-undang.

worksop

 Suasana forum workshop terasa hangat atas pancingan Prof. Djoko yang mengetengahkan pemikiran boleh penyelesaian studi tanpa skripsi. Hal itu oleh Dr. Mahsun disoalkan jika kebijakan penyelesaian studi tanpa skripsi, karena menurut pengalaman temannya bahwa hal semacam itu tidak dikenal oleh Dikti.

 “Jika jalur penyelesaian studi tanpa skripsi, yang harus dijadikan perhatian ialah nasib mahasiswa kita ke depan jika melanjutkan studinya ke jenjang S-2. Banyak perguruan tinggi yang meminta judul skripsi ketika mendaftar” tambah Dr. Rasmadi yang juga Dekan FKIP Unpam.

  “saat ini memang penyelesaian studi masih menjadi debat table” jelas Prof. Djoko atas respon dari berbagai peserta.

 Dalam bidang mutu Prof. Djoko juga menyampaikan bahwa dosen mempunyai tugas bidang tridarma. “Kehadiran dosen, materi ajar, kehadiran mahasiswa, proses penilaian mahasiswa, penelitian, dan pengabdian adalah menjadi tugas utama dosen” terang Prof. Djoko, yang juga sebagai Ketua Aptikom itu. (MW)

Prodi Elektro Unpam Hadirkan Peneliti dari The University of Adelaide Australia

img-20161231-wa0008

Viktor –  Penutup tahun 2016 dimanfaatkan Prodi Elektro Unpam untuk membicang isu  “THE CURRENT STATUS OF MECHATRONIC TECHNOLOGY”. Isu aktual itu didiskusikan bersama Guntur Tandjung,  Ph. D.  salah satu peneliti dari The University of Adelaide  Australia pada Jumat,  30/12/2016.

Dalam kesempatan itu,  Dekan Fakultas Teknik Ir.  Dadang Kurnia,  M. M.  menyampaikan bahwa target Unpam ke depan tidak pada kuantitas melainkan juga kualitas.  Untuk itu,  pria yang akrab disapa Pak Dadang itu menghimbau agar dosen segera melanjutkan ke jenjang S3.

Guntur Tandjung,  Ph. D.  memberikan penjelasan terkait perkembangan dan penerapan ilmu mekatronika di industri dan di lembaga penelitian. Menurutnya saat ini mekatronika merupakan kolaborasi beberapa bidang keilmuan informatika, elektronika, dan mesin yang berkembang pesat dan sangat dibutuhkan di seluruh sektor industri dan research.

img-20161231-wa0007

Di akhir paparannya,  pria yang sehari-hari sebagai peneliti dan juga dosen di The University of Adelaide itu menekankan bahwa kunci utama sukses dalam penelitian adalah ke-istiqomah-an dalam menyediakan waktu dan intensitas dalam literature review.

Sementara rekannya,  yang juga alumnus The University of Adelaide Syaiful Bakhri,  Ph.D.  menaruh harapan besar pada seluruh dosen,  terutama di prodi yang dipimpinnya untuk meningkatkan jumlah penelitian serta melanjutkan studi ke luar negeri. (SD/AM/MW)