Category Archives: KEGIATAN WORKSHOP

Kejar Kualitas Publikasi Ilmiah, UNPAM Gandeng Turnitin

whatsapp-image-2018-08-03-at-16-36-12Tangerang Selatan (1/8/2018): Sesuai dengan visi Unpam tahun 2024 masuk 40 besar perguruan tinggi nasional, Unpam kejar kualitas. Salah satunya kualitas publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.

Melalui LPPM, Unpam gandeng Turnitin untuk melatih dosen dalam pengecekan plagiasi karya tulis sebelum dipublikasikan. Publikasi tersebut meliputi laporan hasil penelitian, jurnal, bahkan tugas akhir mahasiswa.

Turnitin turunkan instrukturnya, Frida Tri Ekaputri untuk melatih dosen Unpam. Pelatihan tersebut berupa pembuatan akun Turnitin dan bagaimana cara pengelolaannya.

LPPM Unpam Gelar Workshop Full Day

workshop3Pamulang- Senin, 16 April 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) selenggarakan workshop full day. Workshop yang dihelat di Aula STIKes ini mengusung tema, “Strategi Memenangkan Hibah Ristekdikti.”.

Menurut pantauan kontributor Unpam, workshop yang mendapat sponsor dari Bank BTN Cabang Ciputat ini mengundang sejumlah pemateri yang sangat kompeten dalam bidangnya. Dua reviewer nasional Kemenristekdikti: Dr. Tjipto Sumadi dan Dr. Sri Fadila hadir berbagi strategi meraih hibah Ristekdikti. Keduanya bersepekat bahwa penelitian di Ristekdikti itu sangat mudah, tinggal kemauan serta kesungguhan dari kita sebagai dosen.

Workshop Strategi Memenangkan Hibah Ristekdikti

pamflet-001

img_20180416_0001

 

Materi Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd (Reviwer Nasioanal Kemristekdikti) panduan-edisi-xii_workshop_unpam

Materi Dr Sri Fadila, S.E., M.Si., Ak., CA (Reviewer Nasioanal Kemristekdikti) 6-sri-fadilah-pelatihan-unpam-160418

 

MATERI SOSIALISASI RIRN DAN ARN UNIVERSITAS PAMULANG, 01 AGUSTUS 2017

Berikut adalah Materi Sosialisasi RIRN dan ARN Universitas Pamulang, 1 Agustus 2017

  1. Dr. Ir. IRA NURHAYATI DJAROT, M.Sc : Klik DISINI
  2. MATERI Dr. LUKMAN, ST, M.Hum : Klik DISINI
  3. Buku Panduann Jurnal  Dr. LUKMAN, ST, M.Hum : KLIK DISINIl
  4. MATERI DR. HARYANTO, S.Kom, M.TI : Klik DISINI

sosialisasi-rirn

Tim PKM Dosen Manajemen UNPAM “Mengabdi”untuk Karang Taruna di Kelurahan Pondok Benda Kota Tangerang Selatan

Akhir bulan April 2017yang lalu, tepatnya hari Ahad, 30April 2017, diadakan kegiatan tim dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana menguatkan kembali peran Karang Taruna sekaligus menangkap peluang pengembangan pemberdayaan masyarakat. Tim dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM), berjumlah 10 orang, bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Pondok Benda.Brainstorming telah dilakukan antara tim dosen Unpam dengan Karang Taruna Kelurahan pondok benda yang pada akhirnya bersepakat untuk mengadakan seminarReorientasi Peran Karang Taruna: Mengembangkan Manajemen Organisasi yang SelarasDengan Konteks Pembangunan Daerah. Kegiatan ini dilatarbelakangi atas baru terbentuknya pengurus karang taruna dan berharap agar bisa mengoptimalkan dan kembali meningkatkan institusi karang taruna ini.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan konsep seminar yang dihadiri oleh sekitar 50-an peserta yang datang dari perwakilan Karang Taruna di tingkat RW di lingkup kelurahan Pondok Benda. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan membangkitkan kembali kegiatan kepemudaan melalui wadah organisasi yang sudah lama ada, yaitu Karang Taruna, memberikan motivasi serta kepercayaan diri segenap pengurus dan anggota Karang Taruna Kelurahan Pondok Benda, Pamulang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama kali disampakan oleh Ibnu Fajar, SE yang menegaskan keinginannya untuk memajukan kembali kegiatan Karang Taruna dalam kepengurusan yang baru. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan, Bapak Hasan Azhari, SE Yang juga selaku Pembina Karang Taruna kelurahan. Beliau menjelaskan sejarah pasang surutnya lembaga karang taruna kelurahan Pondok Benda sejak lama, dan ingin sekali kembali meningkatkan kinerja lembaga ini, karena lembaga ini sudah eksis sebetulnya sejak tahun 1980-an.Terakhir adalah sambutan dari Ketua tim PKM dosen UNPAM, Arif Siaha Widodo, SE. MM, yang mengangkat kembali peran dosen terkait dengan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat

Hasil yang positif juga bisa didapatkan dari kegiatan ini, karena kegiatan ini juga berhasil mendatangkan seorang anggota dewan komisi I DPRD Kota Tangerang Selatan, Safrudin SH yang berkenan memberikan informasi terkait dengan peran legislatif dalam mengayomi lembaga kemasyarakatan. Beliau menyebutkan bahwasannya saat ini sedang dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Lembaga Kemasyarakatan yang salah satu lembaganya adalah Karang Taruna. Kebijakan ini nantinya diharapkan akan menguatkan institusi-institusi yang sudah eksis di masayarakat dan pemerintah bisa memberikan perhatian lebih terhadap institusi ini nantinya, khususnya terkait dengan pengembangan program kegiatan dan juga dukungan anggaran tentunya.Nara sumber berikutnya adalah berturut-turut adalah Dedek Kumara, SE. MM., Ahmad Dimyati, S.Sos.I., M.IKom., dan Taufik Awaludin SE., M.Si. Ketiganya bersinergi untuk memberi pemaparan terkait dengan pemberdayaan karang taruna melalui pengembangan zona baca, Motivasi diri pengembangan karakteristik anggota karang taruna, serta terkait fungsi dan karakteristik organisasi serta bagaimana melakukan analisis organisasi untuk eveluasi kinerja organisasi, khususnya Karang Taruna.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi dari peserta yang mempertanyakan permasalahan-permasalahan riil karang taruna di kelurahan pondok benda. Banyak cara nyata yang bisa dilakukan sebenarnya, dimulai dari kreativitas pemuda dan dilanjutkan dengan mengenali kondisi lingkungan sekitar untuk menentukan suatu  masalah yang kemudian bisa dipecahkan melalui kegiatan aksi nyata yang bisa jadi salah satu program kegiatan yang akan dilaksanakan Karang Taruna. Kegiatan tim dosen PKM UNPAM ini diharapkan juga bisa menjadi momentum awal kebangkitan Karang Taruna ke depan, dan UNPAM bisa berkontribusi kembali terkait dengan pengembangan institusi ini.