LPPM Unpam Selenggarakan Monev PPTI Kemenristekdikt 2019

whatsapp-image-2019-10-19-at-16-21-07
Jumat (18/10) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unpam menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Kemajuan Program Pengembangan Teknolohi Industri (PPTI) Tahun 2019 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Bertempat di Ruang Rapat LPPM Unpam, Kampus Unpam 2 Witanaharja, acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan sasmita Jaya Group Dr. HC. Drs. H. Darsono, ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M, peneliti program PPTI Ir. Wiwik Indrawati, MM dan tim, Prof. Dr. Setyo Purwanto (Reviewer dari BATAN), dan dua pendamping PPTI dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Adapun judul PPTI yang di monev adalah “Paving Blok Berpori untuk mengatasi banjir Nasional”
Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) Darsono menyampaikan bahwa yang dilakukan Unpam saat ini sudah sejalan apa yang menjadi tuntutan ristekdikti, yayasan mensupport kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk kemajuan lembaga. Menurutnya, selama ini inovasi yang dilakukan Unpam sudah banyak membawa dampak manfaat bagi masyarakat. Ia mencontohkan pembuatan insenerator yang mampu mengolah sampah Unpam sehingga tidak mengganggu masyarakat. Ia pun berandai apabila semua perguruan tinggi melakukan hal serupa pasti masyarakat akan mampu meningkatkan kehidupannya yang lebih baik.
whatsapp-image-2019-10-19-at-16-21-43
Menurut Dr. Ali Maddinsyah, program PPTI ini diharapkan menjadi salah satu inovasi dan produk yang dihasilkan dari penelitian dosen dan bisa dikembangkan Lembaga untuk dikomersialkan menjadi produk unggulan yang bisa diterima di pasar. Sedangkan Prof. Setyo Purwanto menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi PPTI Tahun 2019 adalah untuk memantau kemajuan pelaksanaan 70% dari 100% Anggaran untuk kegiatan apakah sudah sesuai dengan apa yang pernah disampaikan pada saat presentasi seleksi pendanaan atau justru ada penyesuaian yang dapat didiskusikan, melakukan penyempurnaan perkembangan produk atau inovasi CPPBT, serta memantau administrasi dan laporan keuangan agar dapat memenuhi audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
Dalam kegiatan tersebut, para peneliti melakukan presentasi kemajuan aktivitas penelitian sejak kontrak penelitian ditandatangani, menunjukkan logbook aktivitas penelitian, serta mengisi borang administrasi kemajuan penelitian dan laporan penggunaan dana untuk administrasi BPK.(AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *