PKM 2021 UNPAM MENGABDI

DOSEN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNPAM LAKUKAN PKM KEPADA SISWA-SISWI ANGGOTA OSIS SEKOLAH SMP NEGERI 25 DEPOK

Sebagai bentuk dari Implementasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satu bentuknya yaitu melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau disebut dengan PKM. Sebagai Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) dari Fakultas Teknik pada jurusan Teknik Informatika di Kampus 3 Viktor, yang bertempat di jalan Raya Puspitek, Tangerang Selatan. Pada tanggal 17 November 2021 yaitu masuk pada ajaran semester ganjil 2021/2022 telah melakukan PKM dengan tema yang disajikan adalah “PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK KEGIATAN OSIS PADA SMP NEGERI 25 DEPOK”. Materi-materi dalam pelatihan yang disampaikan merupakan hal-hal yang terkait pengenalan. Adapun tim PKM yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa, berikut nama-nama anggota tim yang hadir yaitu Bapak Erdi Sutriyatna, S.Kom., M.Kom., Ibu Rahmawati, S.Kom., M.Kom., Bapak Angga Suryadi, S.Kom., M.Kom., Bapak Nasrul Hidayah, S.Kom., M.Kom., dan Bapak Dede Supiyan, S,Kom., M.Kom., dan juga dibantu oleh mahasiswa UNPAM yaitu Ka’ Nia Adiyanti, Ka’ Muhamad Yamin, Ka’ Axel Donielson Gaing, Ka’ Ilham Dinar Algani dan Ka’ Tommy Ghazali, secara aktif mengadakan pelatihan dengan siswa-siswi anggota OSIS menggunakan aplikasi Canva untuk pembuatan desain grafis di Sekolah SMP Negeri 25 Depok.

 

Bapak Sokhani, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 25 Depok.
Bapak Deddy Krisyanto, S.Si., M.Pd., selaku perwakilan sekolah bidang kurikulum

Sebelum mulai acara pelatihan ini, diawali oleh sambutan dari Bapak Sokhani, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 25 Depok dan sambutan dari perwakilan sekolah dibidang Kurikulum yaitu Bapak Deddy Krisyanto, S.Si., M.Pd., yang menyatakan pihak sekolah mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Pamulang (UNPAM) dan bersyukur bahwasanya telah mendorong murid-muridnya untuk bisa update dan melek atas perkembangan teknologi saat ini diterapkan. “Murid-murid dapat berbangga karena kegiatan ini seharusnya untuk guru-guru dahulu” ujar Kepala Sekolah Bapak Sokhani, S.Pd., M.Pd. dalam petikan sambutanya. Kemudian  menyatakan diharapkan murid-murid dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan mereka juga berterima kasih kepada tim PKM atas kerjasama yang baik ini. Dan kemudian diikuti sambutan oleh ketua tim PKM yaitu Bapak Erdi Sutriyatna, S.Kom., M.Kom. yang menyatakan sebuah kehormatan bagi tim-nya atas izin dan kesempatan yang diberikan oleh pihak Sekolah dan menjelaskan kenapa tema yang diambil aplikasi Canva dan kegiatan OSIS serta harapannya setelah kegiatan PKM ini kepada semua peserta pelatihan. Dalam sesi penyampaian materi pelatihan ini dibimbing/dipandu oleh Ibu Rahmawati, S.Kom., M.Kom. dan Bapak Angga Suryadi, S.Kom., M.Kom. dibantu anggota tim lainya kepada peserta anggota OSIS sampai berakhirnya acara kegiatan PKM.

Sejalan dengan tujuan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yaitu memberikan wadah bagi murid agar bisa mengalirkan harapan serta mengekpresikan kreativitas, dan juga menjadi sarana agar para murid dapat meraih prestasi yang dapat membanggakan siswa itu sendiri maupun membanggakan nama sekolah. Kegiatan OSIS pada umumnya meliputi agama, olahraga, seni, teknologi informasi, bahasa, serta kreativitas. Tak terkecuali, salah satu kegiatan OSIS pada sekolah tingkat menengah seperti SMP Negeri 25 Depok yang terletak di kecamatan Sawangan di kota Depok yang terbilang cukup baru yaitu berdiri di tahun 2014 dan masih berlanjut pembangunan gedungnya, ini memiliki beberapa peran dalam kegiatan siswa/siswi untuk melakukan program kerja untuk memajukan sekolah serta murid-murid di sekolah.

Adapun aplikasi Canva menurut ketua tim PKM adalah perangkat lunak atau software desain grafis berbasis online yang innovatif dalam lingkup teknologi informasi. Kenapa innovatif? karena banyak fitur dan material yang cukup banyak dapat dipilih dan juga dapat beroperasi di berbagai platform baik itu di Smartphone maupun PC-desktop atau Laptop serta banyak versi (versi Web, Iphone dan Android), tinggal pemakai/user bagaimana memanfaatkan fitur-fitur sesuai keinginan desain, tinggal memainkan kreatifitas siswa-siswi misalnya pembuatan desain grafis dalam bentuk poster atau kartu ucapan untuk guru di konten media sosial ataupun lainnya masih banyak lagi fitur-fitunya yang mana dari hasilnya dapat berbagai ukuran kertas dan dalam bentuk baik itu format gambar, pdf maupun video.

Secara umum kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membekali kemampuan dan keterampilan siswa-siswi agar dapat menggunakan aplikasi Canva untuk segala kegiatan OSIS sekolah. Sedangkan secara khusus tujuan dilaksanakan PKM ini untuk mengembangkan bakat siswa-siswi yang ada untuk mengisi konten media sosial dirinya sendiri dengan memperhatikan hal-hal dari konsep desain itu sendiri seperti grafis yang bagus dapat langsung mengkomunikasikan pesan, perasaan, emosi dan nilai yang disampaikan agar tepat sasaran dan jelas serta mudah dipahami oleh pembaca/jejaring sosial. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan menjadi opsi pilihan terbaik untuk software desain yang mudah dan cepat, dan dapat membantu para siswa-siswi SMP Negeri 25 Depok untuk mempermudah pembuatan desain informasi sekolah oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 25 Depok. Sampai pada akhirnya, Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai jadwal dan semua peserta antusias bersemangat sampai akhir mengikuti pelatihan ini.