PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM LIFE SKILL MENCIPTAKAN WIRAUSAHA BARU SEPEDA MOTOR BAGI MASYARAKAT KP. SELIONG RT 01 RW 01 DESA TELUK NAGA, KEC. TELUK NAGA, KAB. TANGERANG

Ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang kian meningkat yang dampaknya juga menyentuh dunia pendidikan tak terkecuali perguruan tinggi, namun hal itu tidak menghalangi para dosen Universitas Pamulang untuk melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah pemukiman warga Masjid Al-Jumariyah alamatnya di kp. Seliong RT 01 RW 01 Desa Teluk Naga, Kec. Teluk Naga, Tangerang. Tentu saja pelaksanaan PKM ini tetap mengacu pada protokol kesehatan sebagai tindakan preventive terhadap penyebaran wabah covid 19 yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang belum tuntas.

Dalam pelaksanaan PKM semester Gasal 2021-2022 kali ini, tema yang diusung adalah PKM Life skill Menciptakan Wirausaha baru Sepada motor. Dalam kehidupan manusia mobilitas untuk melakukan berbagai kegiatan adalah yang utama. Alat transpostasi menjadi bagian yang sangat penting dalam mobilitas tiap orang. Oleh karena itu tujuan PKM ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana membuat suatu usaha di bidang kendaraan roda dua serta pengenalan  komponen – komponen sesuai dengan fungsinya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kerusakan-kerusakan pada sepedamotor, Memberi pengetahuan cara servis ringan berkala sepeda motor  sesuai dengan petunjuk buku manual.

PKM dengan tema PKM Life skill Menciptakan usaha baru sepeda motor ini dilaksanakan oleh 3 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu  Slamet Rahardian,S.T., M.T. , Muhamad Cahyadi, S.T., M.T. ,  Irwan Aranda, S.T., M.T. dan 1 mahasiswa yaitu M. Sofian Rino. Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan teori  pengetahuan bagaimana menciptakan usaha sepeda motor dan praktek  oleh Slamet Rahardian, ST., M.T. selalu Pembicara pada PKM ini, seperti memberikan cara – cara servis dan perbaikan ringan terhadap komponen-komponen dalam perawatan berkala, yang diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan sepeda motor bagi masyarakat sehingga dapat menciptakan wirausaha di bidang sepeda motor dan khususnnya mitra kegiatan pengabdian masyarakat.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari Kamis 18 November 2021 hingga sabtu 20 November 2021 diikuti sekitar 25 orang warga. Animo warga peserta pelatihan cukup baik yang ditandai dengan antusiasnya warga mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius, bahkan tidak sedikit pesertanya adalah ibu-ibu yang memang memiliki waktu lebih di rumah.

Bapak Ust Hambari, SPd selaku Ketua DKM masjid Al-Jumhuriyah menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. pesannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan acara pelatihan kepada warganya agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh dan menjadikan masyarakat menjadi mengerti tentang peluang usaha yang ada sekarang ini.

kontributor : Irwan Aranda