PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Menggunakan Facebook Sebagai Media Promosi pada CV. Putra Sarya Pratama

Penulis : Ir. Ardijan Handijono, M.M.Si, Dosen Prodi Akuntansi

Media sosial memungkinkan perusahaan dan pelanggan untuk terhubung dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Keterhubungan tersebut diberdayakan oleh berbagai platform, seperti situs jejaring sosial (mis. Facebook), situs mikroblog (mis. Twitter), dan komunitas konten (mis. YouTube), yang memungkinkan jejaring sosial untuk membangun dari minat dan nilai bersama. Media sosial sekarang menjadi bagian dari strategi pemasaran setiap perusahaan. Mulai dari sebuah toko kecil di Jepang hingga perusahaan bernilai jutaan dolar di AS, semua orang menggunakan kekuatan internet untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan penjualan produk mereka.

Untuk itu, pada hari Kamis 07 Oktober 2021 kami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara online yang bertema menggunakan Facebook Sebagai Media Promosi pada CV. Putra Sarya Pratama, Jl Raya Cagar Alam No 66 Depok.  Secara khusus tujuan PKM ini adalah memberikan binaan pada organisasi rekanan kami tersebut untuk menggunakan kekuatan Sosial Media khususnya Facebook sebagai alat promosi dan menjaga loyalitas pelanggan, Selain itu kami juga memberikan pelatihan laporan keuangan. Sehingga penjualan bisa diperluas jangkauannya, nilai transaksi semakin meningkat, maka pemilik usaha dan karyawan akan sejahtera.

222

Peserta PKM Online

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Bapak Daru Irwinu sebagai pemilik CV. Putra Sarya Pratama, Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh dosen akuntansi Ir. Ardijan Handijono, MMSi sebagai ketua PKM, dan beberapa anggota PKM antara lain Rudy Irawan Gunarto, SE, Ak., MM, Samsul Marpitasa, S.Pd., M.Pd , Aditya Riky Nugroho, S.E., M.Ak, dan Reno Virlandana A, SE., M.M. Juga dihadiri tiga mahasiswi Universitas Pamulang antara lain Syifa Kamilah, Dinda Putri Lestari dan Anita Puspitasari.

Kegiatan dimulai dengan penuh antusias dari peserta yang hadir mengingat materi yang akan kami sampaikan sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh audiens yang hadir dengan dipandu oleh Reno Virlandana selaku Moderator. Setelah acara pembukaan dilanjutkan doa bersama agar acara dapat berjalan dengan lancar dipimpin moderator acara. Selanjutnya sambutan atas kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana yaitu Ardijan Handijono, Memasuki acara inti yaitu presentasi mengenai Manajemen dan Laporan Keuangan oleh Rudy Irawan Gunarto, Rudi Irawan juga menjelaskan dan memeberi contoh bagaimana penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar. Presentasi berikutnya dibawakan Ardijan Handijono mengenai Memanfaatkan Sosial Media khususnya Facebook sebagai alat promosi dan menjaga loyalitas pelanggan, dalam presentasi tersebut dijelaskan mengenai strategi menggunakan Facebook untuk Promosi termasuk langkah-langkah untuk membuatnya.

2222

Etalase Depan CV. Putra Sarya Pratama

Sementara Bapak Daru Irwinu, sebagai pemilik  CV. Putra Sarya Pratama mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnisnya karena Facebook selain untuk promosi sekaligus dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggannya sehingga manjadikan pelanggan lebih setia dan loyal. Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman peserta pada acara ini maka pada akhir sesi diadakan tanya jawab kepada peserta yang hadir. Sampailah pada akhir acara yang ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian kenang-kenangan yang selanjutnya dilakukan sesi foto bersama sebagai bukti dokumentasi.

Editor : Yulianto