PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Dosen Prodi Teknik Informatika UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Di SMK Mathlaul Anwar Tangerang

Visione – Dalam rangka menunaikan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang gelar Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan di SMK Mathlaul Anwar Mauk Kabupaten Tangerang pada hari Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan ini bertemakan “Peningkatan Pendidikan Karakter Dalam Upaya Membangun Budaya Hukum Yang Humanis Dan Religius Di Kalangan Remaja“. Tema ini penting untuk memberikan pemahaman siswa/siswi SMK Mathlaul Anwar tentang Pendidikan karakter agar para siswa dapat menjadi lulusan yang memiliki intelektualitas tinggi dan juga memiliki karakter kuat sehingga dapat mengimplementasikan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mendukung terciptanya budaya hukum masyarakat yang humanis dan religious.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan oleh Dosen Teknik Informatika yang teridiri dari Ahmad Munawaru Zaman, M.Si, Dhony Setiawan, S.Pd., M.Pd.  Dadan Herdiana, S.H. , M.H. Abdul Hadi, S.H. , M.H. Mukhamad Khotib Arifai, Se.,Mm. Adapun peserta kegiatan adalah siswa dan siswi SMK Mathlaul Anwar

Ahmad Munawaru Zaman, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban rutin setiap semester yang harus dilaksanakan oleh Dosen Unpam sebagai wujud pelaksanaan kewajiban salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan PKM ini rutin kami lakukan setiap semester sebagai bentuk kepedulian kami sebagai insan akademik terhadap persoalan di masyarakat, kami berharap penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari”. Ujarnya kepada Visione.

“Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Sekolah atas kerjasama yang terjalin dan kepada siswa yang telah antusias mengikuti penyuluhan ini dari awal sampai selesai”. tuturnya

“saya lihat tadi banyak siswa menyampaikan pertanyaan kepada narasumber, ini sebagai bentuk partisipasi warga artinya mereka menyimak semua materi yang disampaikan narasumber”. Sambungnya.

Kepala Sekolah bapak Muhamad Ahyar menyatakan, menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang.

“Kami sangat menyambut baik dan bersyukur serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Unpam yang telah memberikan pencerahan kepada siswa mengenai pentingnya pendidikan karakter, semoga kegiatan ini bisa berlanjut di lain kesempatan”. Imbuhnya kepada Visione.

Doni Setiawan sebagai narasumber menjelaskan pentingnya pendidikan karakter. Saat ini tidak dapat dipungkiri angka kenakalan remaja semakin meningkat seperti penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, aksi tawuran, pergaulan bebas, dan lain-lain.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa/siswi SMK Mathlaul Anwar dapat lebih memahami tentang pentingnya karakter dalam kehidupan nyata sehingga mereka kelak akan menjadi pribadi-pribadi yang taat hukum dan memiliki jiwa humanis dan religious”. Ujarnya.