PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Press Release Pengandian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Pamulang “EDUKASI PENGETAHUAN PERPAJAKAN BAGI UMKM”

Penulis : Meta Nursita, S.E., M.Ak

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun di Indonesia,  akibat pandemi yang belum usai terlihat semakin banyaknya masyarakat kehilangan pekerjaan, taraf hidup dan pendapatan ikut menurun, mau tidak mau suka tidak suka masyarakat terus dibawa oleh arus pandemi baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan bisnis. Akan tetapi masyarakat berupaya bangkit untuk memperbaiki kualitas hidup dan ekonomi, khususnya ekonomi keluarga dengan berfikir dan menyusun rencana untuk memulai bisnis, semakin banyak UMKM di Indonesia yang tumbuh sejak berlangsungnya pandemi covid-19. Berdasarkan survey Bank Indonesia, pada laman bisnis.com Jakarta, terdapat 87,5 persen UMKM terdampak pandemi covid-19, akan tetapi ada sekitar 27,6 persen di antaranya menunjukkan peningkatan penjualan. Dari hal ini dapat kita simpulkan bahwa semakin bertambahnya peningkatan penjualan UMKM juga akan menambah kas Negara dari sektor pajak UMKM, namun pada kenyataannya pendapatan Negara dari sektor UMKM masih sedikit tingkat kenaikannya jika dibandingkan dengan angka kenaikan penjualan UMKM pada saat ini.

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Universitas Pamulang yang berlangsung pada 02 Oktober 2021 di Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri, yang berlokasi Kampung Hambulu, Desa Pondok Udik Kec. Kemang, Kab. Bogor, guna memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada entrepreneurship muda Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri yang dikenal dengan Pondok Pendawa melalui tema Edukasi Pengetahuan Perpajakan bagi UMKM.

now1

Pengabdian ini dilaksanakan oleh 5 dosen Universitas Pamulang yang di ketuai oleh Meta Nursita, S.E., M.Ak, Aris Sanulika, S.E., M.Ak sebagai Narasumber, kemudian Napisah , S.E., M.Ak., Khusnul Khuluqi, S.E., M.Ak serta Desi Jelanti, S.E., M.Ak sebagai anggota pengabdi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

now2

Dalam pengabdian ini narasumber memberikan sosialisasi dan penyuluhan mengenai identitas normor pokok wajib pajak (NPWP) yang menjadi salah satu pembahasan dalam tema Edukasi Pengetahuan Perpajakan bagi UMKM. Dengan adanya pengabdian ini, diharapkan para entrepreneur muda Pondok Pendawa dapat memahami dan mengimplementasikannya dalam berwirausaha.

Edited by Yulianto