SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

WORKSHOP TRAINING OF TRAINER REVIEWER INTERNAL LPPM UNPAM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang Gelar kembaali Workshop Training Of Trainer Reviewer Internal peserta Dosen Internal. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. dengan menghadirkan 2 Narasumber ekternal dan Internal diantaranya (1). Keynote Speakers Prof Dr. Nandan Lima Krisna., MM  Guru Besar Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI,  Invited Speakers (2). Dr. Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng Associate Professor, Dept. of Chemical Engineering, Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia (3)  Dr. Ali Maddinsyah, SE. M.M, Ketua LPPM Universitas Pamulang, acara workshop dimulai pukul  08.30  hingga pukul  15.30 WIB dan acara ini dipandu oleh MC : Silviana Simbolon, S.Si., M.Sc. Moderator (1) : Ibnu Sina, S.P., M.Sc. Moderator (2) : Untung Nugroho Harwanto, S.T., M.Sc.

Dr. E. Nurzaman A.M., M.M., M.Si selaku Rektor dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Narasumber dan para peserta Workshop ToT Reviewer untuk menggalih ilmu dan pengalaman dari narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidangnya, Dalam sambutannya juga menyampaikan, Kewajiban dosen adalah Tri Darma Perguruan Tinggi selain pengajaran adalah penelitian dan pengabdian masyarakat dituntut dengan luaran, media, buku, karya ilmiah publish jurnal sekaligus sebagai Reviewer Nasional atau International, sekaligus membuka acara workshop.

Gambar Sambutan Rektor Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman A.M., M.M., M.Si

Dalam  Sambutannya Dr. Ali Maddinsyah, SE, MM pertama mengatakan bahwa kegiatan workshop TOT Reviewer Internal kali  ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh LPPM dalam rangka memfasilitasi para Reviewer Internal  bagi yang memenuhi syarat sebagai Reviewer Internal dosen untuk kualitas reviewer. Workshop ini didukung oleh Yayasan Sasmitajaya  dan Prodi, Dekan , Program Pascasarjan Universitas Pamulang.

Gambar Sambutan Ketua LPPM Unpam Dr. Ali Maddinsyah, SE, MM

Keynote Speakers I: Prof Dr. Nandan Lima Krisna., MM  Guru Besar Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI

Pemaparan materi Novelty akan ditemukan kalau bisa melihat research gap. Research gap adalah pertentangan hasil penelitian dari penelitian-penelitian terdahulu. Misal untuk masalah yang sama ada hasil yang berbeda. Asfak, novelti bisa ditemukan melalui: Diskusi dengan supervisor (berdasarkan publikasi supervisor), Literature review, Research focus.

Novelty bukan dilihat dari hasil uji turnitin. Novelty suatu riset bisa diketahui dari “KEYWORD” tulisan itu. Search keyword tersebut di mesin pencari, jika sudah banyak maka bukan hal yang baru.

Novelty tidak hanya soal produk baru, bisa juga metodology bisa memperbarui produk Novelty bisa diartikan sebagai informasi baru dimana peneliti merupakan orang pertama yang melakukannya (new theoritical derivatif).

Setiap paper ilmiah wajib perlu mengandung penjelasan mengenai kontribusinya. Kontribusi ini dijelaskan dalam konteks publikasi sebelumnya. Kita tidak menulis konstribusi kita tanpa menuliskan hasil-hasil pendahulu kita. Selain berguna dari sisi ekonomi, sosial, ataupun pengetahuan dan budaya, untuk bisa dipublikasi, paper harus mengandung kontribusi keilmuan. Dalam tulisan ini, kita memberikan gambaran mengenai penulisan kontribusi sebuah paper. Ini sering disebut sebagai state-of-the-art.

Gambar Keynote Speakers Prof Dr. Nandan Lima Krisna., MM

Keynote Speakers II: Dr. Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng Associate Professor, Dept. of Chemical Engineering, Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia  menyatakan:

Reviewer penelitian adalah seseorang yang karena kepakarannya melaksanakan seleksi proposal penelitian, monitoring dan evaluasi penelitian sesuai dengan kompetensi bidang ilmunya.

Reviewer harus mempunyai tanggungjawab, berintegritas, jujur, mematuhi kode etik reviewer, dan sanggup melaksanakan tugas-tugas sebagai reviewer. 

Dalam paparannya juga menekankan Etika Reviewer diantaranya: Dapat bekerja secara objektif sesuai dengan apa yang diketahui dan diyakini sebagai seorang pakar yang kompeten, Jujur dan adil serta dapat dipercaya sesuai dengan apa yang telah digariskan, Menguasai dan mengacu ke standar peraturan /panduan, Dapat menjaga kerahasiaan dan tidak meniru atau mencuri gagasan dari proposal yang di-review-nya, Berani menolak proposal yang tidak sesuai dengan kompetensinya atau ada konflik kepentingan, Tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan tugasnya sebagai reviewer, Tidak me-review proposal yang berada pada skema yang sama dengan yang diusulkan reviewer yang bersangkutan dan Menjaga kerahasiaan dan tidak memublikasikan profesinya sebagai reviewer kepada orang yang di-review.

Gambar Keynote Speakers Dr. Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng

Invited Speakers ke: III.  Dr. Ali Maddinyah, SE, MM menyatakan Penyamaan Workshop TOT Reviewer Sosialisasi Penelitan dan PkM reviewer Internal untuk menyamakan Persepsi melalui Reviewer Internal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Workshop TOT Reviewer Sosialisasi Penelitan dan PkM reviewer Internal.

Gambar: Invited Speakers ke: III. Dr. Ali Maddinyah, SE, MM
Gambar: Invited Speakers ke: III. Dr. Ali Maddinyah, SE, MM

Persyaratan menjadi Reviewer Internal (Sintias), Reviewer Internal (Simlitabmas), Reviewer External (Simlitabmas) Bidang Unggulan Penelitian Unpam Tahun 2021 Sampai dengan 2025. Penelitian Bidang Energi, Penelitian Bidang Material Maju, Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi,  Penelitian Bidang Hukum dan Kebijakan Publik,  Penelitian Bidang Sosial Humaniora dan Seni, Penelitian Bidang Ekonomi dan pengentasan kemiskinan, Penelitian Bidang Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa,  Penelitian Bidang Kependidikan dan Pembelajaran.

Gambar: Scedule kegiatan penelitian internal tahun 2021/2022
Gambar: Scedule kegiatan PkM internal tahun 2021/2022

Berakhirnya acara penutup dari ketua LPPM menyampaikan bahwa keberhasilan  “Kerja LPPM bukan sendiri, tapi kerja kolektif Unpam dan menyampaikan dalam waktu dekat akan mengadakan coaching clinic penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Capaian Unpam masuk klaster utama cukup bagus atas lompatan kenaikan  penelitian dalam Paparnya. (SGT)