OPINI OPINI 2021

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah di Tangerang Selatan

Tangerang Selatan, SUARA TANGSEL – Pembelajaran yang sudah berlangsung dari Februari tahun 2020 hingga dengan saat ini di awal bulan September 2021 masih dilakukan secara daring di wilayah kota Tangerang Selatan, banyak harapan perubahan metode pembelajaran terutama dari para orang tua bahwa sekolah segera kembali normal dan berjalan luring. Hal ini karena pembelajaran daring untuk anak sekolah terutama Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga Sekolah Menengah Umum/Kejuruan (SMU/ SMK) dinilai kurang efektif.

Selain itu para orang tua murid kesulitan dalam pembelajaran daring. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari kurangnya pemahaman aplikasi seperti zoom, google meet/aplikasi lainnya yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Keterbatasan jaringan pembelajaran, serta kurang maksimalnya pemantauan dan bimbingan belajar jika anak dirumah karena tentunya tingkat pendidikan orang tua berbeda-beda sehingga tidak dapat menguasai mata pelajaran yang dipelajari oleh anak.

Dalam Surat Edaran (SE) no 421.6/3075/Disdikbud yang ditetapkan oleh bapak Drs. Taryono, M.Si selaku kepala dinas tertanggal 2 September 2021 terkait tentang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), yang memberikan izin sekolah dengan jenjang SMP, PAUD/ TK dan SD untuk melaksanakan sekolah tatap muka terbatas adalah sekolah yang telah di verifikasi dokumen dan tinjauan lapangan terkait kelayakan Satuan Pendidikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan sesuai prosedur dan dinyatakan layak untuk menyelenggaran PTMT.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Nomor 421.6/3075/Disdikbud Tentang Pelaksanaan pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), tercatat ada 685 sekolah yang sudah siap dalam pembelajaran tatap muka terbatas yaitu terdiri dari 208 sekolah TK, 309 sekolah SD dan 168 sekolah SMP. Adapun hal-hal terkait dengan PTMT adalah :

1. Pelaksanaan PTMT di Kota Tangerang Selatan pada: a. Jenjang SMP mulai dilaksanakan tanggal 6 September 2021, b. Jenjang PAUD/TK dan SD mulai dilaksanakan tanggal 13 September 2021.

2. PTMT di Kota Tangerang Selatan mengacu kriteria level situasi pandemi covid-19.

3. Daftar Satuan Pendidikan yang siap melaksanakan PTMT Jenjang PAUD/TK, SD, dan SMP ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Satuan pendidikan yang melaksanakan PTMT adalah satuan pendidikan yang telah mengisi daftar periksa pada laman DAPODIK dan sudah diverifikasi oleh Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

5. Satuan Pendidikan yang melaksanakan PTMT wajib mengikuti acuan Protokol Kesehatan Covid-19.

6. Pelaksanaan PTMT pada satuan pendidikan agar sesuai dengan panduan PTMT di masa pandemi Covid- 19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan konsisten.

7. Memastikan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Satuan Pendidikan telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Kecuali, bila ada keterangan lain dari Dokter/Tenaga Kesehatan.

8. Kepala Satuan Pendidikan agar mengatur teknis pembelajaran tatap muka terbatas sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing.

9. Kepala Satuan Pendidikan wajib melakukan evaluasi setiap hari proses pembelajaran tatap muka secara terbatas dan melaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan.

Tentunya surat edaran ini juga memiliki prosedur/aturan main seperti pengaturan waktu belajar, prokes, serta fasilitas yang mendukung dalam menjalankannya serta akan ada evaluasi dalam berjalannya PTMT. Harapan dari banyak pihak bahwa pandemi ini benar-benar segera berakhir dan pendidikan serta perekonomian menjadi bangkit kembali.


Yulyanah, M. Ak

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang