PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen dan Mahasiswa UNPAM Petakan Strategi Marketing Pasca Covid-19 untuk Destinasi Wisata Curug Angkrek Tasikmalaya

Masyarakat dalam negeri dan luar negeri dapat mengakses informasi tentang tempat wisata yang ingin mereka tuju, akan tetapi di Indonesia informasi tempat wisata masih terbatas hanya pada tempat wisata yang sudah terkenal. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua industri di Indonesia bahkan dunia, termasuk industri pariwisata. Dampak Covid-19 terhadap pariwisata sangat banyak karena industri pariwisata di Indonesia mempunyai keterkaitan dengan industri yang lainnya seperti perhotelan, tranportasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama yang menghasilkan cindera mata dan kuliner, restoran, biro perjalanan wisata dan pemandu wisata.

Salah satu  Curug yang memiliki potensi destinasi wisata yaitu air terjun yang bernama “Curug Angkrek” yang terletak di kampung Cimuncang Desa Karangnunggal. Curug ini belum menjadi daya tarik wisata lokal maupun nasional, dikarenakan kurang promosi yang dilakukan pemerintah setempat dan juga belum ada alat yang memadai dalam menunjang promosi wisata. Sehingga, eksistensi dari wisata curug Angkrek ini kurang terekspose terlebih pada kondisi pandemi seperti ini.

Melihat hal ini, kami Dosen Universitas Pamulang khususnya Program Studi Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Ivantan, S.E., M.M., Munarsih, S.S., M.M., Aris Ariyanto, S.E., M.M., Mada Faisal Akbar S.E., M.M., dan Agus Sudarsono S.E., M.M.) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan Kepala dusun dan pengurus Karang Taruna Desa Karangnunggal yang beralamat di Karangnunggal – Tasikmalaya. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dr. Kasmad, S.E, M.M. selaku Ketua Program Studi Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pamulang beserta jajarannnya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dengan sambutan oleh ketua PkM Ivantan, S.E., M.M., Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa, “PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) merupakan salah satu program Tri Dharma dosen perguruan tinggi yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu semester. Kegiatan PkM ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di satu tempat (Desa Binaan) agar memberikan manfaat sebesar-besarnya, terutama bagi masyarakat sekitar” ujarnya.

Kegiatan disampaikan oleh beberapa narasumber dari dosen Universitas Pamulang yang hadir pada kegiatan PkM tersebut. Inti dari materi yang disampaikan diantaranya: memetakan strategi marketing (pemasaran) yang bertujuan untuk menyebar dan memasarkan wisata Curug Angkrek ini menggunakan beberapa strategi marketing dengan memanfaatkan penggunaan teknologi digitial yang saling terkoneksi seperti sosial media. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta kegiatan diwajibkan menggunakan masker serta disediakan fasilitas untuk mencuci tangan.

Adapun tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan informasi serta pengalaman terkait strategi marketing agar memberikan efektivitas dalam rangka menarik minat wisatawan untuk datang ke wisata Curug Angkrek ini.

Kegiatan diakhiri dengan memberikan beberapa santunan untuk anak-anak yatim dan piatu warga Karangnunggal-Tasikmalaya. Tak lupa pula penyerahan bingkisan dilakukan dengan menerapkan prokes/ protokol Kesehatan. Hal ini bertujuan agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. Semoga kegiatan PkM ini bermanfaat untuk semua kalangan masyarakat dan semoga virus covid-19 segera mereda. Aamiin.

Penulis: Ivantan, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S-1)