PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Workshop Pembuatan Pelicin dan Pewangi Pakaian oleh Dosen Teknik Industri Unpam untuk PKK Cisauk

TANGERANG – Pada dekade kali ini ibu rumah tangga bukan hanya dituntut untuk dapat membereskan pekerjaan rumah tetapi bagaimana bisa menghasilkan uang untuk dapat membantu perekonomian keluarga.

Dengan gagasan seperti ini beberapa dosen Teknik Industri Universitas Pamulang (Unpam) memberikan pelatihan workshop untuk membuat produk pelicin pakaian di Desa Cisauk, Kabupaten Tangerang guna meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan memberdayakan ibu rumah tangga melelaui organisasi PKK.

Desa Cisauk mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, posisinya yang strategis mendorong pembangunan disegala bidang aspek baik kewilayahan, ekonomi, sosial maupun politik. Berbagai terobosan dan upaya dilakukan Pemerintah Kecamatan Cisauk dalam rangka mewujudkan Kecamatan Cisauk yang lebih berkualitas.

Pesatnya pertumbuhan berbagai sektor kehidupan di Kecamatan Cisauk perlu diimbangi dengan peningktan kualitas sumber daya manusia, agar masyarakat Cisauk mempunyai kapasitas dan daya saing dalam rangka berperan pada pembangunan di Kecamatan Cisauk. Salah satu upaya untuk meningkatakan SDM di kelurahan Cisauk adalah dengan memberdayakan PKK sebagai salah satu penopang kesejahteraan keluarga

Bekerja sama dengan PKK Desa Cisauk Dosen Teknik industri dan beberapa mahasiswa Unpam dari prodi teknik industri memberikan pelatihan bagaimana membuat produk pelicin dan pewangi pakaian yang dapat dijual untuk menambah income rumah tangga.

Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan pengetahuan secara teori kepada anggota PKK, tidak hanya membekali dengan pengetahuan teori, para dosen dan mahasiwa dari prodi teknik industri Unpam ini melakukan praktek langsung bagaimana membuat produk pelicin dan pewangi pakaian tersebut.

Dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat memiliki keahliah bagaimana membuat produk pelicin dan pewangi pakaian.

Kegiatan yang dilakukan pada hari minggu (27/7/2021) ini melibatkan kurang lebih 20 anggota PKK Desa Cisauk, kegiatan yang dilaksanakan di Balai Warga RW 03, Desa Cisauk tersebut terlihat para anggota PKK sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Hal ini terlihat dari semangat para anggota PKK Desa Cisauk saat melakukan praktik dalam pembuatan pelicin dan pewangi pakaian ini.

Nuraeni Selaku Ketua PKK RW 03, Desa Cisauk mengatakan kegiatan ini sangat penting diberikan kepada ibu-ibu PKK khususnya di Desa Cisauk.

“Terima kasih atas kesediannya dosen teknik industri dari Universitas Pamulang ini untuk memberikan pelatihan pembuatan pelicin dan pewangi pakaian ini,” ucapnya.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menigkatkan kreatifitas dari anggota PKK.