PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Tim Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang Mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Visione – Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertempat di SMK Arraisiyah Jl. Surya Kencana Gg. Kemuning Iv No. 17 RT 5 RW 6 Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan. Lokasi sekolahan yang padat penduduk dan dengan akses internet yang mudah, memudahkan para guru dalam berinteraksi dengan siswa dengan memanfaatkan aplikasi pendukung pembelajaran jarak jauh. Waktu pelaksanaan selama 3 hari mulai tanggal 25 Juni 2021 sampai dengan 27 Juni 2021. Dengan Tema “IMPLEMENTASI SCHOOLOGY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH”.

Willy Cristianto selaku Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat menerangkan bahwa  Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk aspirasi dan pelayanan kepada masyarakat serta menyumbang kontribusi kepada pengembangan serta penerapan keilmuan di tengah masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi SMK Arrasiyah guna melakukan pelatian tentang penggunaan Aplikasi Schoology bagi guru-guru disana dalam mendukung kegiatan belajat mengajat yang interaktif dan menarik.

Metode yang digunakan dalam kegitan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah kegiatan ini berupa pelatihan kepada para guru yang berada di SMK Ar Raisiyah Kota Tangerang Selatan. Setelah diberikan pelatian tentang Pelatihan Penggunaan Aplikasi Schoology Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar Di SMK Ar Raisiyah Kota Kota Tangerang Selatan, selanjutnya mereka dibimbing dalam penggunaan aplikasi schoology tersebut..

Pada kegiatan ini dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang bertindak sebagai Narasumber dan instruktur. Sasaran program kegiatan Pengandian kepada Masyarakat ini adalah Para guru yang berada di lingkungan SMK Ar Raisiyah terletak di Jl. Surya Kencana Gg. Kemuning IV No. 17, Pamulang Barat, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Schoology berjalan dengan baik yang dihadiri kurang lebih 20 peserta guru dari SMK Arraisiyah. Kami Tim Dosen didampingi beberapa Mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika akhirnya dapat menyelesaikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini sebagai salah satu kewajiban Tridarma para dosen.

Pada akhir kegiatan dilakukan Evaluasi, dosen pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Mitra (dalam hal ini guru yang ada di SMK Ar Raisiyah Kota Tangerang Selatan) berdiskusi tentang hasil yang sudah didapatkan dalam implementasi Pelatihan Penggunaan Aplikasi schoology Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar Di SMK Ar Raisiyah Kota Tangerang Selatan serta mengukur dampak efektifitasnya untuk meningkatkatkan kinerja guru yang ada dilingkungan SMK Ar Raisiyah Kota Tangerang Selatan.

Dapat disimpulkan bahwa para guru yang ada di SMK Arraisiyah dapat memahami dan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung Pembelajaran Jarak Jauh untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga masalah yang dihadapi bisa terselesaikan. Pemanfaatan pembelajaran daring seperti platform schoology merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan pada era disrupsi saat ini. Perkembangan situasi global yang semakin dinamis dan tidak pasti menyebabkan para pendidik perlu memikirkan pembelajaran alternatif yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa terutama di masa pandemi covid 19. Schoology merupakan platform pembelajaran daring dengan kelengkapan fitur terbaik dibandingkan platform lainnya sehingga dapat membantu guru dan siswa mencapai target pembelajaran. Guru hendaknya berinovasi dengan memanfaatkan berbagai pilihan LMS, diantaranya schoology dalam pembelajaran matematika. Berbagai hasil riset telah menunjukkan keberhasilan pemanfaatan schoology dalam pembelajaran matematika sehingga dapat dijadikan referensi agar tujuan pembelajaran tetap tercapai meskipun dilaksanakan secara virtual.