PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen dengan Tema “MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK PONDOK PESANTREN AL-MANAR CIBEUTEUNG UDIK, KECAMATAN CISEENG, KABUPATEN BOGOR”

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. PKM yang merupakan bentuk pelaksanaan dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya pada masyarakat secara kelembagaan melalui semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara  maka perlu usaha dan kerja keras dalam mengembangkan sumber daya manusia yang mampu berdaya saing, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Program PKM merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada semangat dan motivasi serta memiliki kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesionalisme, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualtas, kaloborasi, dan tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat.

Pada tanggal 10-12 April 2021, Tim PKM dari Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang melakukan PKM di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Kegiatan PKM tersebut mengangkat sebuah tema Motivasi Belajar  Dan Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK/MA Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor”. Pada PKM tersebut diketuai oleh Bapak Sirajuddin, S.Pd., M.Pd.  Dengan beberapa anggota dosen antara lain: Bapak Jakariah, S.E., M.M.Bapak Suryadi Marthadinata, S.E.,M.IKomS.T.,M.Pd. Bapak Robby Kharisma, S.Pd.I., M.Pd dan Ibu  Dewi Nari Ratih Permada, S.E.,M.M

sira1

Gambar 1: Bapak Sirajuddin, S.Pd.,M.Pd dalam menyampaikan materi

Narasumber pertama PKM ini Bapak Sirajuddin, S.Pd.,M.Pd Dalam Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan kewajiban Dosen untuk memberikan kontribusi reel terhadap masyarakat karena dengan Semangat PKM inilah yang kemudian membangun kerjasama atau kaloborasi dengan masyarakat maupun sekolah sehingga dengan adanya PKM memberikan suntikan semangat belajar tehadap siswa-siswi untuk terus belajar serta membangun daya kreatitivitas yang mempunyai nilai jual. Tetapi yang paling penting memberikan motivasi belajar dengan cara mendorong siswa-siswi agar selalu optimisme dalam kondisi apaupun dan termasuk kondisi pandemi covid-19, jadi belajar tidak mengenal waktu dan tempat melainkan belajar adalah kebutuhan yang mendasar dalam diri seseorang untuk terus mengasah potensi dan kemampuan serta bakat yang dimiliki. Maka belajar adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bila seseorang menikmati dengan caranya dia sendiri namun sebaliknya belajar sesuatu tidak menyenangkan bagi sebagian orang yang tidak menikmatinya. Pertama-tama  belajar untuk mengenal diri sendiri, belajar untuk  mengenal orang lain dan belajar untuk mengenal lingkungan di sekitar tentu ini menjadi tujuan belajar itu sendiri di sekolah. Memang sekolah adalah tempat untuk belajar atau menimba ilmu tetapi jangan lupa bahwa belajar tidak harus di sekolah namun belajarlah dimanapun anda berada.

Selanjutnya Bapak Jakariah, S.E., M.M. mengatakan bahwa begitu pentingnya belajar baik itu belajar ilmu agama, ilmu kewirausahaan dan ilmu yang lain-lain. Karena belajar cara membaca merupakan tuntuntan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun keberadaan kita tidak terlepas dengan membaca atau mengahafal Alquraan. Belajar merupakan kewajiban bagi kita semua untuk memahami dan mengetahui apa yang kita lakukan dan dengan cara bagaimana melakukannya. Sangat penting bagi kalian untuk meningkatkan kemampuan melalui proses pembelajaran seperti ini.

sira2

Gambar 2: Bapak jakariah, S.E., M.M. dalam menyampaikan materi

Adapun menurut Bapak Robby Kharisma, S.Pd.I., M.Pd menjelaskan tentang kewirausahaan adalah modal yang harus  dimiliki oleh para siwa dan siswi. Tentu sangat urgensi  untuk dilatih dalam berpikir mandiri melalui program PKM dan disinilah kesempatan kita untuk mengajarkan kalian bagaimana caranya, mulai dari perencanaan, pelaksanaaan dan evaluasi. Ketika anda memulai berwirausaha  yang harus dipahami titik fokus dalam mengembangkan usaha serta kerja keras sangat dibutuhkan sekali.

sira3

Foto Gambar 3: Bapak Robby Kharisma, S.Pd.I., M.Pd dalam menyampaikan materi

sira4

Foto Gambar 4: Kompak melakukan sesi foto bersama

Diakhir acara PKM ini kami selaku tim PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang sangat berterimakasih kepada Pihak Pondok Pesantren atas kesempatannya dalam menerima TIM PKM ini.  Semoga kegiatan PKM ini dapat memberikan pengetahuan bagi siswa tentang materi yang disampaikan.

Penulis:

Sirajuddin, S.Pd.,M.Pd (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)