PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PEMBERDAYAAN PETANI DAN PETERNAK DENGAN SISTEM INTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN TARAF HIDUP MASYARAKAT KAMPUNG CIMUNCANG DESA KARANGNUNGGAL KABUPATEN TASIKMALAYA

Saat ini masyarakat pedesaan pada umumnya adalah masyarakat yang menggunakan sumber daya alam pada bidang agraris, di mana masyarakat tersebut secara turun temurun melakukan aktivitas pada sektor pertanian, sehingga masyarakat yang ada di daerah pedesaan dan pinggiran memperoleh penghasilan atau mengandalkan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Sektor pertanian saat ini masih menjadi andalan utama dalam pembangunan nasional, terkait dengan upaya untuk mewujudkan dan mempertahankan ketahanan pangan, menyediakan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat, serta memenuhi berbagai kebutuhan bahan baku industri. Lahan pertanian menjadi faktor penunjang kebutuhan hidup masyarakat terutama masyarakat pedesaan, terutama di kampung Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Masyarakat kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya sebagian besar berprofesi di bidang pertanian, diantaranya yaitu petani dan peternak.

Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata.

Perkembangan usaha peternakan saat ini perlu di dukung oleh berbagai sarana produksi, salah satunya adalah ketersediaan pakan. Bahan pakan sumber energi dapat berasal dari jagung, singkong, dedak padi, dedak gandum, sagu dan lain sebagainya, sedangkan bahan pakan sumber protein dapat berasal dari bungkil kedelai, tepung ikan, daun leguminosa, tepung darah dan lain-lain.

Tgl Pelaksanaan : 3 April 2021 s/d 4 April 2021
 
Nama Dosen :
Siska Yunanti, S.E., M.M
Destian Andhani, S.E., M.M
Mitri Nelsi, S.E., M.M
Purwanti, S.E., M.M
Ria Rosalia Simangunsong, S.E., M.M

 

Oleh karena itu kami, dosen prodi Sarjana Manajemen melakukan penyuluhan tentang pengembangan sistem integrasi kepada petani dan peternak (masyarakat kampung Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya).

Pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan menunjukan bahwa pelaksaan pola integrasi petani dan peternak di lokasi kampung Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya dapat memberikan dampak positif pada tumbuhnya kegiatan usaha kelompok maupun mandiri, lapangan pekerjaan, pemenuhan kebutuhan pangan, pakan, pupuk dan pertisida organik untuk tujuan kebutuhan masyarakat setempat maupun komersil yang akan mempengaruhi taraf hidup masyarakat.

Pengabdian kepada Masyarakat ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kepada masyarakat bahwa sistem integrasi dapat dilakukan pada petani dan peternak guna untuk meningkatkan produksi ternak dan petani guna memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri yang terjangkau masyarakat. Sistem tanaman-ternak dapat diadopsi oleh petani secara berkelanjutan apabila mampu memberikan keuntungan bagi mereka, terutama dalam hal peningkatan pendapatan maupun memperbaiki kesejahteraan mereka.

Perkembangan usaha peternakan perlu di dukung oleh berbagai sarana produksi, salah satunya adalah ketersediaan pakan. Bahan pakan sumber energi dapat berasal dari jagung, singkong, dedak padi, dedak gandum, sagu dan lain sebagainya, sedangkan bahan pakan sumber protein dapat berasal dari bungkil kedelai, tepung ikan, daun leguminosa, tepung darah dan lain-lain.

Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang pengembangan sistem integrasi kepada petani dan peternak (masyarakat kampung Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya).

Pangabdian kepada masyarakat ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh civitas akademika program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang Tangerang Selatan Banten.