PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PEMBEKALAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN CRAFT DECOUPAGE UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA KOPERASI KARYA CIPTA MANDIRI (KKCM) TANGERANG SELATAN

Dalam rangka mewujudkan salah satu Tri  Dharma Perguruan Tinggi, maka Dosen-dosen Prodi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara daring/online melalui aplikasi google meet dengan judul “Pembekalan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Craft Decoupage Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM) Tangerang Selatan” Minggu (25/07/2021).

Dr. Sri Retnaning Sampurnaningsih, M.Sc., selaku Ketua pengabdi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal kewirausahaan melalui pelatihan pembuatan masker decoupage, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM) Tangerang Selatan melalui peningkatan keterampilan dan kemampuan berkreatif dan berinovasi di masa pandemi Covid 19 ini.

Dalam sambutannya, Ketua KKCM Tangerang Selatan, Bapak Zainal Mutaqin, menyampaikan bahwa menyambut baik kegiatan PKM yang diadakan oleh dosen-dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang karena anggota KKCM yang terdiri dari para pelaku UMKM di Tangerang Selatan, perlu ditambah wawasan pengetahuan dan keterampilannya dalam berwirausaha.

Kegiatan PKM ini diisi dengan pelatihan/tutorial pembuatan masker decoupage dengan  narasumber Ibu Jeni Andriani, S.S., S.E., M.M., selaku praktisi craft decoupage. Decoupage adalah seni kerajinan dengan cara memotong/menggunting dan menempel objek gambar pada media tertentu. Dalam pelatihan masker decoupage ini menggunakan bahan dan peralatan praktek yang sudah diberikan kepada peserta sebelumnya, berupa masker kain, tisu napkin, kuas dan lem decoupage, yang dipraktekkan online secara bersama-sama dengan peserta, dan narasumber dibantu oleh tim dosen lainya, yaitu Cornelia Dumarya Manik, S.E., M.M., Endang Puji Astutik, S.E., M.A.Ed., dan Achmad Ludvy, S.E., M.M.

PKM Pelatihan craft decoupage ini disambut sangat antusias oleh para anggota KKCM, karena kegiatan ini langsung dirasakan manfaatnya, dimana peserta fokus mengikuti pelatihan online ini dari awal sampai akhir kegiatan dan langsung mempraktekkan bahan pelatihan yang sudah diterima, serta banyak mengajukan pertanyaan kepada para narasumber, sehingga pada akhir kegiatan PKM ini, para peserta sudah terampil membuat seni decoupage pada masker kain, dengan ditunjukan pada saat sesi foto bersama secara online. Penggunaan media masker kain, sesuai dengan aturan di masa pandemi ini, yang menerapkan protokoler kesehatan 5 M “Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas” dan dilakukan secara daring/online karena pada masa pandemi Covid 19 diharapkan para pelaku UMKM dapat menjadikan alternatif bekal usaha kreatif dengan seni decoupage di berbagai media lainnya, seperti kayu, kaca, kaleng, dan produk anyaman, yang dapat menambah income serta meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM) Tangerang Selatan.

Penulis : Jeni Andriani, S.S., S.E., M.M.