PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi Manajemen, Tema “Meningkatkan Daya Jual Produk Melalui Pemasaran Online di Masa Pandemi”

Generasi Muda adalah sebuah generasi unggul sebagai penerus generasi selanjutnya, walaupun saat ini masih di masa pandemi Covid-19, jiwa-jiwa muda yang memiliki bisnis atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar terus dapat berkembang dan mampu bertahan walaupun di masa pandemi saat ini. Dengan adanya WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia) di berbagai cabang yang ada di Indonesia, seperti Bogor, Tangerang Selatan dan sebagainya, diharapkan mampu menambah jumlah UMKM di masing-masing kota, khususnya di Kota Bogor dan sekitarnya,

Namun WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia) perlu juga diberikan support berupa keilmuan dan wawasan mengenai kewirausahaan, karena “Sebuah lembaga pendidikan, semestinya perlu didukung oleh semua eleman masyarakat, baik guru, orangtua, masyarakat sekitar dan termasuk dosen-dosen diharapkan dapat mengabdi dan berperan serta dalam membentuk untuk mewujudkannya.” (Effendy, A. A., et. al: 2019).

Maka daripada itu, diadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Unpam fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan sarjana Manajemen Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian “Meningkatkan Daya Jual Produk melalui Pemasaran Online di Masa Pandemi pada WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia) Kota Bogor”. Kegiatan diadakan pada Wirausaha Pelajar Indonesia Kota Bogor” selama 3 hari yaitu pada tanggal 8-10 April 2021.

 Pengabdian ini dipimpin oleh bapak Aidil Amin Effendy, SE, MM. dan sebagai Pembicara pada PKM ini, adapun anggota pengabdian terdiri dari 4 anggota yaitu bapak Ahmad Nurhadi, S.E., M.M., bapak Aden Prawiro Sudarso, S.E.,M.M., bapak Heri Murtiyoko, , S.Pd., M.M. dan bapak Mahnun Mas’adi, S.E., M.M., sebagai moderator PKM serta mahasiswa Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, dan kelengkapan lainnya dalam menunjang proses berjalannya pengabdian ini.

Kegiatan PKM yang dilakukan tim Pengabdian dosen dan mahasiswa Unpam bertujuan untuk memberikan motivasi dan ilmu kewirausahaan. Dalam Pemberian motivasi dan ilmu kewirausahaan kepada Wirausaha Pelajar Indonesia (WPI) Bogor mengenai wirausaha yang kreatif, inovatif dan diferensiatif yaitu produk yang mempunyai ciri khas agar mudah dikenali masyarakat.

widi2

Gambar 2. Pemberian materi oleh Tim PKM dan Peserta Webinar PKM

Pemberian materi dalam PKM juga disampaikan oleh bapak Eko Cahyadi, S.Sos., MSi., sebagai narasumber dari rekan dosen Unpam dan juga dari pihak Komunitas WPI Bogor yang diwakilkan oleh Bapak H. Hasbulloh, SE., MA.Ek. Kegiatan pengabdian PKM kali ini dilaksanakan melalui aplikasi meeting Zoom, dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Setelah Pemberian materi PKM, kemudian diadakan diskusi, Tanya Jawab dan Bimbingan konsultatif mengenai wirausaha yang kreatif, inovatif dan diferensiatif yaitu produk yang mempunyai ciri khas agar mudah dikenali masyarakat dan dosen-dosen Unpam membimbing wirausaha pemula yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dalam simulasi dagang dan cara menjual produk dan kemudian kita membimbing sampai wirausaha pemula yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa benar-benar dapat mengembangkan usahanya

widi3

Gambar 3. Sambutan dari Mitra PKM dan peserta zoom Webinar PKM

Kegiatan PKM oleh dosen-dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat para peserta PKM, walaupun melalui aplikasi Zoom, dalam mengikuti pemberian materi, diskusi dan tanya jawab, sehingga para peserta dapat langsung mempraktekkan cara memasarkan melalui media online.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan Wirausaha Pelajar Indonesia Kota Bogor, dalam menjalankan bisnisnya dan menjadikan para wirausaha tersebut dapat menjadi lebih kreatif, inovatif dan diferensiatif dalam menjalankan bisnisnya.

Penulis

Aidil Amin Effendy, S.E., M.M.

(Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)