SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

Webinar Series Kopsus (Ngopi Scopus) 1 Tema : Scopus dan Masalahnya – Tinjauan Sosial dan Budaya

Demi meningkatkan mutu hasil produktivitas para dosen dalam hal menulis KTI di lingkungan Universitas Pamulang (UNPAM) dimasa pandemic Cov -19, LPPM UNPAM kembali memfasilitasi para dosen dengan mengadakan webinar series yang sebanyak 4 sesi. Dengan judul “KOPSus (Ngopi Scopus)”, pada tanggal 28 juli 2021 dilaksanakan series 1 dengan tema “Scopus dan Masalahnya – Tinjauan Sosial dan Budaya”.

Acara ini dipandu oleh MC ibu Silviana Simbolon, M.Sc dan di buka langsung oleh bapak Dr. Ali Maddinsyah, M.M, (ketua LPPM UNPAM). Pada penyampaian sambutan, beliau menyatakan terima kasih kepada para peserta yang telah hadir dan bersedia mengikuti acara ini. Hal ini dikarenakan antusias para peserta yang tidak hanya dari kalangan dosen UNPAM, namun juga berasal dari banyak universitas di Indonesia. Beliau juga mengingatkan kembali bahwa acara ini diinisiasi karna saat ini tulisan pada jurnal bereputasi sangat penting bagi dosen baik dalam hal syarat guna menaikkan jenjang karir dosen maupun menuntaskan kewajiban tri darma perguruan tinggi. Untuk itu LPPM UNPAM akan terus mendukung dan memfasilitasi agar para dosen mampu menyelesaikan target yang harus dicapai tersebut.

Pada sesi materi, narahubung yang bertindak sebagai moderator adalah bapak Untung Nugroho Harwanto, S.T., M.Sc. dengan narasumber bapak Ibnu Sina, M.Sc (Ketua Koordinator penelitian LPPM UNPAM), menyampaikan berbagai sudut pandang dan permasalahan awal di penulisan jurnal terindeks Scopus yang mana sering dihadapi oleh para dosen. Permasalahan tersebut mulai dari proses menulis ataupun memilih publisher yang akan dituju dalam proses penerbitan naskah ilmiah tersebut. Hal ini menjadi sangat penting karna adanya desakan yang besar dari para pembuat kebijakan dilingkungan pendidikan terhadap output yang harus dicapai para dosen tiap tahunnya. Dan akibatnya munculnya banyak predator jurnal juga menjadi masalah tersendiri yang harus diatasi oleh para dosen. Sehingga pada penyampaian materinya, beliau memberikan banyak tips dan trik dalam menganalisa berbagai publisher agar tidak terjerat pada jurnal – jurnal predator tersebut.

Pada akhir acara, sebelum menutup acara hari ini, MC kembali mengingatkan kembali kepada peserta untuk tetap mengikuti acara series webinar series ke dua pada besok hari, 29 juli 2021, dengan tema Memilih Topik dan Judul yang Baik – Pembuatan Latar Belakang dan State of The Art dengan narasumber Prof. Dr. Rudi Hartono, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang. Dan tidak lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan mengikuti aturan 5 M dimanapun berada agar terhindar dari penularan virus Cov-19. Sehingga dapat kembali bertemu dan belajar bersama di series – series berikutnya.