SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

WORKSHOP “TRIK DAN TIPS INDEKSASI DOAJ 2021” BAGI PENGELOLA JURNAL

Dalam upaya  meningkatkan kualitas jurnal yang ada di Universitas Pamulang (Unpam), LPPM kembali menyelenggarakan Workshop Indeksasi Jurnal DOAJ (Directory of Open Access Journals). DOAJ merupakan direktori online yang mengindekskan dan menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas, open access dan peer-reviewed.  Workshop yang dilaksanakan selama 2 (dua)  hari ini di laksanakan secara online yaitu pada tanggal 8 juli 2021 dan tanggal 14 Juni 2021 dengan Narasumber  dari DOAJ Ambassador for Indonesian and Editor Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M. (Associate Editor DOAJ – Ketua Pengda RJI DKI Jakarta dan Asep Erlan Maulana M.Kom (Tim RJI). Pelatihan ini ikuti oleh seluruh pengelola jurnal yang ada Unpam.

Rangkaian acara dibuka langsung oleh Dr. Ali Maddinsyah, M.M. selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang. Beliau mengatakan bahwa LPPM akan selalu menyediakan fasilitas untuk tetap mendukung Kualitas Jurnal di Unpam. Harapannya dengan adanya pelatihan indeksasi jurnal DOAJ semua jurnal yang ada di Unpam nantinya bias terindex DOAJ dan meningkatkan akreditasinya,  beliau juga berharap agar para pengelola jurnal untuk tidak ketinggalan mengikuti program-program pendampingan yang diselenggarakan oleh LPPM UNPAM.

Kegiatan workshop diikuti lebih dari 77 peserta yang merupakan dosen yang bertindak sebagai pengelola jurnal di bawah koordinasi LPPM UNPAM. Hingga saat ini UNPAM memiliki jurnal publikasi sebanyak 53 jurnal dimana  22 jurnal  sudah terindeksasi sinta dan 11 jurnal dalam pengajuan di sistem Arjuna Kemendikbud ristek. Dari dari semua jurnal baru 3 jurnal yang terindeks DOAJ.  Sehingga program pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi untuk melakukan indeksasi DOAJ yang memiliki manfaat cukup berpengaruh untuk meningkatkan nilai karya tulisan ilmiah hasil penelitian ke indeksasi internasional. Dimana harapannya meningkatkan kepercayaan peneliti lain dalam mensitasi dan memiliki impak balik yang baik kepada para penulis dan kampus UNPAM tentunya.

Kegiatan ini tentu tidak hanya berhenti pada workshop ini, namun akan berlanjut pada minggu depan. Dimana LPPM Universitas Pamulang kembali akan melakukan pendampingan teknik sistematika khusus ketentuan DOAJ sebagai implementasi dari informasi yang telah didapatkan hari ini. (SS)