PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Peningkatan Kompetensi Guru SMK Dalam Penggunaan Media Kreatif Sebagai Sarana Pembelajaran

Kerjasama dalam Pelatihan pemanfaatan media kreatif berbasis system informasi di SMK Arraisiyah Pamulang Kota Tangerang Selatan, merupakan sebuah bentuk pengabdian dosen UNPAM kepada masyarakat. Media kreatif berbasis teknologi informasi dimasa saat ini sangat membantu banyak lapisan masyarakat dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi yang efektif, terutama dalam dunia pendidikan diera pembelajaran online pada saat ini. Media Kreatif adalah suatu pengantar komunikasi yang dapat meneruskan suatu informasi (pesan) antar sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan melalui penjabaran daya dan upaya yang unik dalam menciptakan solusi dari suatu permasalahan dalam ranah komunikasi visual.

Pemanfaatan media kreatif berbasis teknologi informasi bagi dunia pendidikan sangat membantu para guru dalam melakukan pembelajaran yang inovatif dan dapat membantu dalam pencapaian tujuan kegiatan pembelajaran disekolah. Dosen Universitas Pamulang bukan hanya mengajar dan mendidik mahasiswa nya dengan baik, namun dosen juga wajib melakukan kegiatan sebagai bentuk Tri Dharma. Terdapat 3 komponen Tri Dharma yaitu: Pendidikan, Pengabdian dan juga Penelitian. Pada kegiatan kami kali ini, kami melakukan salah satu kegiatan Tri Dharma dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah SMK Arraisiyah pamulang. Bapak Hasanuddin Malau M.Pd. adalah Kepala Sekolah SMK Arraisiyah Pamulang, kota Tangerang Selatan. Yang beralamat di Jl. Surya Kencana Jl. Kemuning IV No.gg, Pamulang Bar., Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417.

Kami para dosen Universita Pamulang di ketuai oleh Entis Sutrisna, S.Kom., M.Kom. dan beranggotaan Hendri Ardiansyah, S.Kom., M.Kom., Nardiono, S.Kom., M.Kom., M.Bagoes Satria Junianto, S.Kom., M.Kom. dan Resti Amalia, S.Kom., M.Kom. Adapun mahasiswa Universitas Pamulang semester akhir yang ikut turut serta dalam kegiatan ini, yaitu: Adam Pamungkas, Tofan Febrianto, Bagus Canrasa, Mesty Yuliani dan Ayu Rahayu, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah SMK Arraisiyah selama 3 hari, yakni dari tanggal 03-05 Juni 2021.

Sebelumnya kami telah mempersiapkan video simulasi (tutorial) dan menyiapkan materi penyuluhan serta kebutuhan alat-alat pendukung lainnya untuk kegiatan PKM dilokasi SMK Arraisiyah Pamulang. Setelah dirasa semua persiapan cukup, kami pun melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan bersama – sama dengan pihak sekolah. Tidak luput juga, para mahasiswa membantu dalam kegiatan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini.

Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, kami para dosen disambut baik dengan pihak sekolah khususnya kepala sekolah SMK Arraisiyah Pamulang, dan juga para guru yang hadir. Pada kegiatan ini semua pihak melaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan dan juga tertib. Juga disediakan alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer, serta masker (bagi peserta yang tidak membawa masker).

Kepala Sekolah SMK Arraisiyah Hasanuddin Malau M.Pd. diawal kegiatan menyambut baik dan merasa sangat perlu adanya kegiatan penyuluhan dan pelatihan seperti ini guna menambahkan pengetahuan akan manfaat dari teknologi informasi dalam hal sebagai sarana pendukung kegiatan belajar mengajar yang lebih kreatif dan inovatif.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan bisa terus berlanjut diwaktu-waktu yang akan datang dengan tema-tema teknologi informasi yang lainnya guna memberikan pengetahuan baru kepada guru-guru disekolah SMK Araisiyah sehingga dapat diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan berbasis technologi.

Pada kegiatan ini dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang bertindak sebagai Narasumber dan instruktur dan dibantu dengan Mahasiswa. Peserta kegiatan ini adalah guru-guru SMK Arraisiyah Pamulang kota Tangerang Selatan.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, alhamdulillah antusias baik dari para guru atau pikak sekolah sangat baik. Hal tersebut terbukti dari para guru SMK Arraisiyah Pamulang yang dari awal mulai kegiatan acara (pemberian dan praktik materi), kuis (sesi tanya jawab) sampai penutupan acara serta sesi foto mereka aktif. Hasilnya semua materi baik secara lisan maupun praktek dapat diterima dan dimengerti oleh peserta para guru dan pihak sekolah, para guru juga telah memahami dan mengerti akan manfaat dan penggunaan media kreatif berbasis teknologi informasi untuk inovasi pada proses pembelajaran disekolahnya seperti aplikasi: Microsoft Office Power Point, Google Class Room, Google Meet, Zoom, Quizlet, Kahoot.

Atas rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Mayarakat dari dosen – dosen, serta mahasiswa Universitas Pamulang kepada Sekolah SMK Arraisiyah Pamulang selesai dilaksanakan sesuai dengan harapan, kami berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dan pihak sekolah SMK Arraisiyah Pamulang yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan PKM ini.

Sumber: visione.co.id