PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Dalam Pengisian SPT OP Pada UMKM RPM

Pengabdian Kepada Masyarajat (PKM) merupakan kewajiban Tri Dharma.yang harus dilaksanakan oleh para dosen, UMKM merupakan tempat yang tepat untuk para dosen berbagi ilmu, pengalaman serta strategi dalam kegiatan yang ada di UMKM salah satunya yang dilakukan oleh dosen program studi sarjana akuntansi adalah melakukan kerjasama dengan Rumah Pemberdaya Masyarakat (RPM) yang di ketuai oleh Bapak Husen,, RPM ini mempunyai anggota UMKM Tangerang selatan yang dimana UMKM tersebut memiliki banyak kebutuhan kebutuhan salah satunya adalah penyusun laporan keuangan , dalam kelompok kami yang ketuai ibu Aris Sanulika, S.E., M.Ak. dan beranggota tiga dosen yaitu ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak., Ibu Ambarwati, S.E., M.Si. dan Bapak Tri Agung Tofiq, S.E., M.Ak. menyungsung tema “Pengisian SPT OP Pada  UMKM RPM.” Kami mengungsung tema ini dikarenakan ada beberapa anggota RPM yang membutuhkan penyusunan pembimbingan dalam pelaporan dan perhitungan SPT OP, Pentingnya pelaporan pajak dan sadar taat pajak sehingga ekonomi kita dapat maju. PKM ini dilakukan dengan cara by zoom dikarenakan kita masih menjaga dan meminimalisir tingkat penularan covid-19.

Dimulai adanya kordinasi dengan Bapak Husen (ketua RPM) dan selanjutnya  berhubungan langsung dengan anggota UMKM nya. Di dalam anggota UMKM yang kami  bimbing adalah pengusaha penjualan makanan herbal, seperti madu, kurma, habbatussauda dll. Beberapa kami melakukan pertemuan zoom untuk memastikan peserta UMKM memahami terkait materi yang kami berikan, PKM ini dilaksanakannya selama enam hari yaitu dimulai tgl 1 Maret 2021 – 15 Maret 2021, waktu ini di berikan untuk peserta bertanya, dan memahami apa yang belum mereka mengerti dari perhitungan sampai pelaporan SPT OP nya.

Peraturan perpajakan terutama yang berkaitan dengan para UKM yang beberapakali mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan dan dinamika pemerintahan maka tugas kita sebagai dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan cara menjeaskan memberikan arahan, memberikan contoh-contoh yang mudah dimengerti oleh pelaku UKM tentang aspek-aspek perpajakan, sehingga  para pelaku UKM ini dapat memahami dan taat dalam pembayaran maupun pelaporan pajak sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku.

Diharapkan setelah adanya pembelajaran pemahaman peraturan pajak PP 23 para pelaku UKM dapat dengan mudah untuk menerapkan dan menghitung bahkan melaporkan kegiatan usahanya tepat waktu dan sesuai dengan koridor-koridor aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.  semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk para UMKM Tangerang Selatan tentunya dapat mengubah pola pikir bahwa pajak sesuatu momok dan ketakutan tersendiri akan tetapi setelah diberikan penjelasan dan arahan maka para peserta dapat memahami dan merasa pajak itu mudah dan transparan.

Penulis: Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak.
Editor: Juli Ismanto
Sumber: akuntansi.unpam.ac.id