PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pelatihan Ms.Office Excel Kepada Para Kader Posyandu Mawar

Alhamdulillah, akhirnya kegiatan PKM telah selesai dilaksanakan. Kami memilih mengadakan kegiatan PKM di Posyandu Mawar Kelurahan Sawangan Baru Kota Depok karena disana masih banyak para kader yang belum akrab dengan teknologi, semua administrasi posyandu masih dikerjakan secara manual. Sehingga kami memutuskan untuk membantu memberikan solusi bagi para kader untuk mempermudah mereka dalam mencatat segala proses administrasi yang berkaitan dengan kegiatan posyandu. Kegiatan kami laksanakan di Posyandu Mawar pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021, dengan bertema kan “Pelatihan Ms. Office Excel” adalah solusi yang kami berikan untuk mempermudah para kader  untuk mengerjakan segala proses administrasi dari manual go digital.

Kegiatan di mulai pukul 13.00, sebagai moderatornya adalah dua mahasiswa kami dari semester enam kelas pagi. Peserta terdiri para kader yang berjumlah 9 dan 1 ketua posyandu sehingga totalnya menjadi 10 peserta. Sambutan pertama langsung kepada Ibu Ketua Posyandu Mawar yaitu Ibu Iis Nurhayati dan dilanjutkan oleh saya sendiri sebagai ketua dalam kegiatan ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan memulai pemberian pelatihan penggunaan Ms. Office Excel yang dipimpin oleh Ibu Andin Eka Savitri dan kami ikut serta dalam mendampingi para kader dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 2 jam beserta praktek dan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para kader sehingga menghidupkan kegiatan tersebut. Alhamdulillah antusias yang luar biasa dari para kader dalam mengikuti pelatihan ini, sambal bercanda dan saling memberi support satu sama lainnya. Alhamdulillah…

Setelah 2 jam pelatihan berlalu, tiba lah saatnya kami sudahi pertemuan ini.. Moderator menutup kegiatan ini dengan doa. Setelah itu, saatnya kami memberikan kenang-kenangan dan foto bersama para kader. Semoga kenang-kenangan yang kami berikan dapat bermanfaat khususnya dalam mendukung kegiatan di Posyandu Mawar ini.

Alhamdulillah… senang kami rasanya, semoga ilmu yang kami berikan walau sedikit dan terbatas oleh waktu dapat bermanfaat, menambah wawasan baru dan terus bisa digunakan oleh ibu – ibu kader dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi khususnya di posyandu.

Tim Pengabdi :
1.    Devi Damayanti (2390) Ketua Pelaksana
2.    Andin Eka Safitri (1122) Anggota Pengabdi
3.    Savitri (2410) Anggota Pengabdi
4.    Nurhasanah (1123) Anggota Pengabdi
5.    Firman Pratama (2407) Fasilitator

 

Sumber:informatika.unpam.ac.id