PKM 2021 UNPAM MENGABDI

DOSEN UNPAM MELAKUKAN KEGIATAN PENGABDIAN DENGAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR DAN SOFTSKILL DI PANTI ASUHAN AL-KAMILAH SERUA – DEPOK

Berdasarkan peraturan pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Jawa Barat di masa Pandemi Covid-19 bahwa masyarakat dilarang keluar rumah. Kebijakan pemerintah bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu provinsi yang semakin meningkat kasus pandemic adalah Jawa Barat. Dengan semakin meningkatnya kasus ini,  pemerintah membuat kebijakan bahwa pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, sebaiknya dilakukan di rumah atau Work From Home (WFH).

Dengan adanya penyebaran virus, anak-anak disarankan belajar melalui online dengan penguasaan terhadap metode belajar. Penguasaan terhadap metode belajar yang baik sebenarnya dapat menggambarkan tentang bagaimana kemampuan penguasaan anak panti asuhan terhadap keterampilan belajar, karena dengan menguasai keterampilan belajar. Mereka akan menyadari bagaimana cara belajar yang baik sehingga menjadi lebih bertanggungjawab terhadap cara belajarnya karena keterampilan belajar, akan menunjang keberhasilan dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.

Melihat hal ini, kami Dosen Universitas Pamulang khususnya Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (Welly Indra, S.H., M.H., Munarsih, S.S., M.M., Indra Januar Rukmana, S.E., M.M., Irenne Putren, S.Pd., M.Pd., dan Maulinda, S.H., M.H.) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan Ketua Yayasan Panti Asuhan Al-Kamilah Serua Depok beserta anak-anak Panti Asuhan yang beralamat di Serua – Depok. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dr. Kasmad, S.E, M.M. selaku Ketua Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Pamulang beserta jajarannnya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dengan sambutan oleh ketua PkM Welly Indra, S.H., M.H. Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa, “PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) merupakan salah satu Tri Dharma dosen perguruan tinggi yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu semester. Tri Dharma dosen perguruan tinggi di samping dosen harus melaksanakan kegiatan pengajaran, dosen juga diwajibkan untuk melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM),” ujarnya.

Kegiatan disampaikan oleh beberapa narasumber dari dosen Universitas Pamulang yang hadir pada kegiatan PkM tersebut. Inti dari materi yang disampaikan diantaranya: menerapkan model pembelajaran generatif sebagai alternatif pembelajaran yang diperkirakan akan memicu peningkatan ketiga kemampuan, yaitu:. peningkatan keterampilan, Soft skills dan menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memicu peningkatan soft skills mereka dalam matematika. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta kegiatan diwajibkan menggunakan masker serta disediakan fasilitas untuk mencuci tangan.

Adapun tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan model tersebut terhadap peningkatan kemampuan soft skills pada level sekolah (tinggi, sedang dan rendah).

Kegiatan diakhiri dengan memberikan bantuan bingkisan untuk anak-anak Panti Asuhan Al-Kamilah Serua-Depok. Bingkisan di pesan melalui Uni Mart yang bertempat di Universitas Pamulang. Tak lupa pula penyerahan bingkisan dilakukan dengan menerapkan prokes/ protokol Kesehatan. Hal ini bertujuan agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. Demikian, semoga bermanfaat dan semoga virus yang masih menyebar agar segera hilang dari permukaan bumi. Aamiin.

Penulis: Munarsih, S.S., M.M. (Dosen Prodi Manajemen S-1, UNPAM)
Sumber: manajemen.unpam.ac.id