PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PENDAMPINGAN SOFTSKILL DAN PERSIAPAN KARIER MAHASISWA MELALUI TRAINING THE 7 HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di masa saat ini mengharuskan adanya kompetensi yang mampu menjadi daya saing kompetitif atau competitive advantage. Peningkatan kompetensi salah satunya dengan memaksimalkan kemampuan softskill SDM tersebut, melalui perencaan yang matang untuk pengembangan kedepan agar di masa depan para SDM muda mampu memiliki indikator kualitas yang disyaratkan perusahaan.

Para mahasiswa utamanya menjadi kunci SDM berkualitas di masa depan, hal ini dikarenakan pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

Dalam mempersiapkan kemampuan di masa depan, mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan kompetensi mereka dimana peran mahasiswa dalam masyarakat dikenal sebagai agent of change (agen perubahan). Dosen Universitas Pamulang Prodi Sarjana Akuntansi memberikan dukungan kepada para mahasiswa untuk memiliki bekal kompetensi profesional kerja mereka melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu kewajiban yang termaktub dalam tri dharma perguruan tinggi.

Pengembangan kompetensi yang berupa training softskill, dalam masa pandemi saat ini kami wujudkan melalui kegiatan webinar yang diselenggarakan pada hari Minggu, 27 Juni 2021 melalui aplikasi Zoom Video Conference untuk para mahasiswa aktif khususnya serta alumni dengan judul tema training Creating Your Career Plan for Your Bright Future. Pada kegiatan Webinar ini Tim Dosen PkM Prodi Sarjana Akuntansi yang terdiri dari Fery Citra Febriyanto, Lia Ira Sahara, Juitania, Eny Suryani, dan Fitriyah berkolaborasi dengan pakar pengembangan karier yang memiliki kompetensi profesional SDM global yang sudah berkiprah di perusahaan multinasional diantaranya British American Tobacco, Japan Tobacco Internatioal, dan PZ Cussons sebagai Human Resource Manager.

Kegiatan webinar ini berlangsung dengan lancar, mahasiswa sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada tim PkM, Kegiatan menjadi sangat meriah karena adanya interaksi dua arah walaupun dilaksanakan melalui media video conference dan hal tersebut tidak mengurangi rasa keingintahuan para peserta. Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif baik kepada mahasiswa maupun alumni.

Editor: Juli Ismanto
Penulis: Juitania
Sumber: akuntansi.unpam.ac.id