PKM 2021 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PKM DOSEN UNPAM PEMBINAAN UMKM DI KAMPUNG EKOWISATA KRANGGAN TANGERANG SELATAN

Perubahan pola  aktivitas pun sangat dirasakan bagi seluruh lapisan elemen masyarakat dengan diberlakukannya kebijakan pembatasan aktivitas luar rumah pembatasan social skala besar tersebut. Masyarakat yang biasanya memiliki aktivitas sehari-hari diluar rumah seperti, sekolah, bekerja, berdagang, kini harus menjalankan setiap aktivitasnya di dalam rumah. Hal ini tidak terkecuali pada aktivitas dunia perusahaan, kewirausahaan, dan pendidikan yang dapat kita saksikan bersama, yang juga berdampak pada terjadi PHK karyawan, berhentinya aktivitas dagang dan usaha. Mereka yang terkena dampak Covid 19 dan tidak beruntung dalam hal pendapatan, mereka harus memutar otak demi memenuhi kebutuhan untuk keberlangsungan hidup keluarganya. Saat ini sasaran UMKM sangat diprioritaskan oleh pemerintah ataupun pemerintah daerah demi menekan angka pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Oleh karena itu mitra yang kami pilih untuk pelaksanaan PKM 2021 adalah para pelaku UMKM didesa ecowisata kranggan. Hal ini terutama karena banyak warga disini yang mempunyai usaha kecil atau UMKM Persoalan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM desa eco wisata kranggan adalah sebagai berikut:

  1. Di desa kranggan banyak warga yang membuat usaha UMKM
  2. Distribusi produk UMKM yang masih tradisional
  3. Para pelaku UMKM desa kranggan mayoritas ibu -ibu
  4. Pengeluaran dan pemasukan dari hasil penjualan belum memadai sehingga membutuhkan pelatihan strategi penjualan produk
  5. Masa pandemic covid -19 yang berkepanjangan
  6. Memanfaatkan waktu untuk menambah pendapatan serta bisnis UMKM nya

Dengan persoalan diatas maka Universitas pamulang tertarik melakukan kegiatan Tridharma perguruan tinggi yaitu pada pengabdian masyarakat.

Lokasi Pengabdian kegiatan masyarakat(PKM) yang diprakasai oleh 20 Dosen UNPAM dari Prodi Manajemen dan Prodi Akutansi  dilaksanakan di desa  Kranggan, merupakan sebuah kampung di RW 05 Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Lokasinya berada di Tangerang selatan. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2021 yang dihadiri oleh bapak alwani, S.Pd sebagai ketua pojok sadar wisata(pokdarwis) sekaligus tokoh pemuda masyarakat kranggan. Bambang dan maulana sebagi pengelola desa wisata kranggan dan peserta pelaku UMKM sebanyak 20 orang serta bapak-ibu dosen universitas pamulang Tangerang selatan.

 

Gambar 2: Suasana Saat PKM

Rangkaian Acara tersebut dibuka oleh  ibu Kiki Dwi Wijayanti , SI.Kom., S.E., M.M selaku MC kemudian dilanjutkan ketua pelaksana Pengabdian masyarakat Universitas Pamulang bapak Imbron, S.E., M.M. kemudian sambutan dari ketua Pokdarwis lalu acara dilanjutkan dengan pemberian Materi – materi yang bermanfaat untuk bekal pelatihan pengembangan UMKM yang terintegrasi yakni kampung wisata, Wisata kuliner dan kampung wisata riset. Pelaku UMKM atau peserta terlihat antusias melihat pemaparan materi yang terdiri dari beberapa tema yang disampaikan sbb:

  1. Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan UMKM sektor Manufaktur di Kampung Ekowisata Keranggan yang diketuai oleh ibu Anum nuryani, S.E.,M.M. dengan narasumber bapak Dodi prasada, S.E.,M.M. bapak Aan purnama S.E.,M.M dan bapak Aris ariyanto S.E.,M.M.
  2. Strategi Pengembangan Produk UMKM Desa Ekowisata Kampung Kranggan yang diketuai oleh Kiki Dwi Wijayanti , SI.Kom., S.E., M.M dengan narasumber bapak Asep Muhammad Lutfi , S.E., M.M dan bapak Ade Yusuf , S.E., M.M.
  3. Pengembangan Public Speaking Bagi Warga Kampung Wisata Kranggan Kranggan yang diketuai olah bapak Agus Sudarsono, S.E.,M.M dengan narasumber ibu Yusni Nuryani, S.E., M.M. ibu Nopi Oktavianti, S.E., M.M. ibu Nariah, S.E., M.M dan Hafis Laksmana Nuraldy, S.E., M.M.
  4. Pelatihan SDM dalam menumbuhkan dan membangun jiwa hospitality sebagai upaya peningkatan kepuasan pengunjung kampung wisata industri di kelurahan kranggan oleh bapak Muhamad Abid S.E., M.M. dengan narasumber ibu Melda Wiguna S.E., M.M. bapak Dede Andi S.E., M.M. bapak Asep Suherman S.E., M.M dan ibu Desi Prasetiyani S.E., M.M.
Gambar 3: Suasana Saat PKM

Semakin siang acara semakin seru karena ada ice breaking yang dilakukan oleh bapak Mada Faisal Akbar, S.E., M.M. kemudian setelah itu acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh bapak Abdul Rahman Safiih, S.E., M.M.

Berdasarkan permasalahan utama yang telah dijelaskan yaitu perlu diberikan bekal pelatihan dan pemahaman agar mampu mendirikan usaha sendiri berdaya saing di tengah covid 19 baik secara individu ataupun kelompok dan mempunyai strategi pemasaran untuk memasarkannya serta mampu mengelola manajemen usaha dan strategi dengan baik. Kemudian dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Harapan kedepan semoga UMKM di kampung kranggan dapat saling berintegrasi dengan tempat destinasi wisata riset, destinasi wisata kuliner, destinasi wisata yang ada di kranggan.

Penulis: Abdul Rahman Safiih, S.E., M.M., C.PS., C.STMI ( Dosen Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang)
Sumber: manajemen.unpam.ac.id