PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN DAN MAHASISWI PRODI S1 AKUNTANSI “MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGEMBANGKAN ORGANISASI BERBASIS KINERJA PADA PERUMDA PASAR NIAGA KERTA RAHARJA”

TANGERANG 20 Mei 2021, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi selain Pendidikan dan Penelitian. Tugas seorang dosen bukan hanya memberikan pengajaran melainkan penelitian dan pengabdian masyarakat juga temasuk tugas seorang dosen.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung kepada masyarakat, program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program wajib dilaksanakan baik dosen maupun mahasiswa/i melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan mencapai tujuan pembangunan nasional.

Kedatangan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Prodi Akuntansi Universitas Pamulang disambut baik oleh Ibu Finny Widiyanti, selaku Direktur Administrasi dan Keuangan di Perumda Pasar Niaga dan beberapa Staff lainnya. Kegiatan ini dibuka oleh pihak Perumda yaitu Bapak Syaefunnur Marzah,S.H.,M.H. selaku Direktur Utama Perumda. Perwakilan dari tim PKM yang memberikan kata sambutan adalah Bapak Wisjnumurti Bambang Permadi, S.E.,MBA. selaku ketua pelaksana Kegiatan PKM. Anggota Tim PKM terdiri dari :Ibu Dewi Ulfah Arini, S.PSi.,M.M., Ibu Lioni Indrayani, S.E., M.M.,. dan Bapak Pajar Amin S.Pd.,M.Pd. serta dua orang mahasiswa Dida Alvira dan Safriana. PKM ini mengangkat sebuah tema “ Meningkatkan Produktivitas Dengan Mengembangkan Organisasi Berbasis Kinerja Pada Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja”.

Penyerahan plakat dilaksanakan pada pembukaan acara. Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pamulang menyerahkan Plakat penghargaan kepada Direktur Utama Perumda yang diwakili oleh Ibu Finny Widiyanti, selaku Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Pasar Niaga sebagai simbol ucapan terimakasih serta ikatan silaturahmi antara Universitas Pamulang dengan Perumda.

Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), pada awal acara dilakukan pemetaan karyawan dengan melakukan profiling test secara individu. Para peserta yang hadir diharapkan dapat memberikan gambaran secara umum dari setiap individu dalam sisi kepribadian sebagai seorang leader dan kemauan mereka dalam menghadapi dan menerima perubahan. Tidak hanya itu hal yang diungkap dalam kegiatan Profilling test adalah Pengelolaan diri, Pengelolaan tugas, Profil sebagai bawahan bagaimana sikap mereka terhadap otoritas yang ada saat ini dan Kemandirian, Kepemimpinan, Hubungan Sosial dan lain sebagainya.

Setelah profilling test, kegiatan PKM dilanjutkan dengan melakukan diskusi dengan melakukan Simulasi Problem Analis berupa contoh kasus PT Soerjadijasa yang sudah dikondisikan permasalahan yang muncul adalah sesuai kondisi Perumda saat ini. Hal ini dimaksudkan sebagai cerminan bagi mereka terkait dengan organisasi saat ini dan insight pada setiap pemangku jabatan untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.

Adapun acara inti pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri 18 peserta dari pegawai Perumda Pasar Niaga, masing-masing peserta mengisi pada lembar kertas yang sudah disediakan untuk menjawab pertanyaan yang telah tersedia terkait analisia kasus Perumda Suryajaya. Selama diskusi berlangsung seluruh peserta memberikan tanggapan dan respon terhadap kondisi masalah yang dihadapi. Peserta juga memberikan sumbang saran yang harus dilakukan oleh organisiasi tersebut dimana kasus yang disajikan adalah refleksi organisasi saat ini dengan penambahan dari beberapa aspek yaitu keuangan, prosedural, sumberdaya, kepemimpinan dan transformasi budaya.

Kesimpulan hasil dari dikusi berdasarkan mekanisme Organisasi development berupa hal fundamental yang perlu diubah ketika organisasi mengalami hambatan dalam berbagai hal adalah system kerja. Penyusunan kinerja organisasi dengan membuat analisa jabatan, Membuat SOP pada setiap lini kerja, Memperbaiki mutu kerja karyawan melalui penilaian kinerja, Membuat training need analysis bagi para calon leader-leader masa depan, Agen perubahan dalam mendukung optimalisasi value organisasi.

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dari hasil kegiatan ini adalah perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat, khususnys pada pegawai Perumda Pasar Niaga.

Penulis: Dewi Ulfah Arini, S.PSi.,M.M.
Sumber: akuntansi.unpam.ac.id