PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM DOSEN DALAM PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID – 19 SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN DAN KECERDASAN MASYARAKAT

Tangerang, Ahad, (4/4/2021) Tim dosen S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengunjungi sebuah tempat bimbingan belajar yang bernama “Haila Fikri” yang berlokasi di Sepatan, Kabupaten Tangerang. Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan yang diupayakan dapat memberikan pengarahan dalam menjalani bisnis di tengah wabah Covid-19, yang memberikan dampak signifikan terhadap banyak sektor di Indonesia, salah satunya di bidang pendidikan.

Hj. Siti Hailatul Fikriyah, S.IKom., M. M., selaku ketua PKM, memberikan sapaan kepada seluruh siswa di bimbingan belajar Haila Fikri sekaligus memberikan pengarahan untuk memotivasi para orang tua dan siswa agar terus bersemangat menjalani belajar secara daring (online). Banyak orang tua murid yang mengeluhkan sistem pembelajaran secara daring yang dianggap kurang efektif dalam penyampaian materi, sehingga menambah beban bagi orang tua dalam mengajarkan anak-anaknya. Di samping itu, sistem belajar online mengharuskan orang tua memiliki ponsel berbasis android yang digunakan sebagai media belajar. Selain itu juga, para orang tua dan siswa harus paham langkah-langkah belajar online, yang mana tidak semua orang tua dan murid tanggap teknologi, belum lagi untuk belajar secara online dibutuhkan kuota internet yang jelas membutuhkan biaya untuk membelinya. Salah satu alternatif belajar selama masa pandemi ini adalah dengan belajar di tempat bimbingan belajar yang mana aktivitas belajar sangat memperhatikan protokol kesehatan. Dan pada kondisi pandemi Covid-19 ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, sehingga bimbingan belajar yang dekat dari rumah menjadi alternatif belajar yang sangat tepat untuk mengatasi berbagai keluhan para orang tua dan siswa.

Tim dosen lainnya yang terdiri dari 4 orang, yaitu: Moh.Yuddy Yudawirawan,S.E. , M.M., Nelly Budiyarti, S.Pd. , M.Pd., Sutandijo, S.E., M.Ak., dan Dewi Rani Gustiasari, S.S, M.Hum., secara bergantian memberikan materi dengan tema “PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID–19 SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN DAN KECERDASAN MASYARAKAT”. Pemberian materi diselingi juga dengan tanya jawab dan juga games dari para dosen dan siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PKM ini. Sejatinya para siswa merupakan bibit unggul yang dapat dibina sehingga menjadi pelopor bisnis kreatif di masa yang akan datang. Para siswa dengan usia yang tergolong dalam usia aktif belajar sangat diharapkan terus semangat dalam belajar dan para pengelola bimbingan belajar dapat terus meningkatkan kreativitasnya agar dapat memunculkan ide-ide baru dalam mengembangkan bisnisnya.

 

Pimpinan bimbingan belajar, yaitu Bapak Sugito, S.E. sangat senang dan memberikan kesempatan yang luas kepada Tim Dosen S1 Universitas Pamulang dalam mengadakan kegiatan PKM di tempat bimbingan belajar yang dikelolanya. Hal ini merupakan pembelajaran dan interaksi siswa di luar kegiatan belajar formal yang dilakukan di dalam kelas. Kegiatan ini disarankan dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan adanya kerjasama antara Universitas Pamulang, khususnya program studi Akuntansi dengan Bimbel Haila Fikri.

Penulis: Hj. Siti Hailatul Fikriyah, S.IKom., M. M.
Sumber: akuntansi.unpam.ac.id