PKM 2021 UNPAM MENGABDI

MENANAMKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP YANG OPTIMIS DAN BERIMAN BAGI WARGA DI DESA JAGABAYA KHUSUSNYA KAUM DISABILITAS UNTUK KEHIDUPAN YANG HARMONIS DENGAN LINGKUNGAN DI SEKITARNYA

Kamis, 10 Juni 2021, pagi hari yang cerah dengan semangat yang luar biasa warga yang sebagian dari mereka merupakan kaum Disabilitas di Desa Jagabaya Jln. Raya Warunggunung-Petir Km.05 Lebak Banten Kode Pos 42352, menyemarakkan acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang.

Pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Pamulang kali ini bersama Warga Desa Jagabaya, dilaksanakan bertujuan untuk memberikan Semangat jiwa entrepreneurship yang optimis dan beriman bagi warga di desa Jagabaya khususnya kaum disabilitas untuk kehidupan yang harmonis dengan lingkungan di sekitarnya, sesuai dengan tema yang diangkat. Terlihat betapa animo peserta PKM (warga desa tersebut) terlebih kaum disabilitasnya penuh semangat dan antusias mendalami materi yang
disampaikan oleh para Narasumber.

Hadir dalam acara tersebut Pejabat struktural wakil desa Bapak Ahmad Suhaedi yang memberikan sambutan nya mewakili ketidak hadiran Bapak Ujaemi sebagai Kepala Desa Jagabaya.

Adapun PKM tersebut diketuai oleh Ibu Hj.Sri Siti Munalar.S.H.,M.H., dengan beranggotakan rekan dosenlainnya, yaitu Ibu Nurhayati.S.H.,M.H., Bapak Sutan Mahmud Syaukat.S.H.,M.H., serta Ibu Frieda Fania.S.H.,M.H., dan beberapa mahasiswa yang aktif membantu jalannya acara PKM tersebut. Kekompakan tim ini pun terlihat saat mengantarkan materi yang dikemas dengan menarik sehingga masyarakat yang hadir dan mengikuti penyuluhan hukum ini tidak berkedip sedikit pun dalam menyimak materi yang disampaikan oleh Bapak Ibu dosen tersebut.

Tujuan dari PKM ini memang lah sangat mulia yaitu membakar semangat para kaum disabilitas, dan menumbuhkan kesadaran serta merubah mindset (pola pikir) masyarakat sekitar untuk dapat bersama sama menjalani kehidupan yang harmonis dan saling menghargai satu sama lain dalam berkarya dan memenuhi kebutuhannya melalui kerja nyata seorang Entrepeneur.

Hal yang cukup menstimulasi dari keseluruhan materi yang disampaikan Bapak Ibu Dosen pun diantaranya adalah mengambil ayat yang menjadi senjata untuk memotivasi warga dengan menyampaikan beberapa firman Allah SWT, yaitu “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al- Baqarah [2]: 286). “…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. …” (QS. Ar-Ra’d: 11). Kutipan ayat tersebut membukakan pemahaman bagi kita semua yang hadir bahwa SEMUA MANUSIA tanpa TERKECUALI, BERHAK MENJADI ENTREPRENEUR SUKSES (dengan catatan : Asalkan mau mencoba, berusaha, kreatif dan Tangguh). Materi yang disampaikan tersebut sangat mengena dan menusuk sukma para pendengarnya, sehingga harapan untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dan beriman setiap insan Entrepreneur di desa Jagabaya bukanlah hal yang mustahil.

Melalui PKM ini diharapkan para warga desa Jagabaya saling bahu membahu membangkitkan perekonomian rakyat melalui wujud kerja nyata. Misalnya mengkreasikan produk yang sudah ada agar lebih memiliki nilai tambah untuk dijual. Mendaur ulang sampah plastik untuk dikreasikan menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari serta memanfaatkan potensi yang ada disekitar untuk kesuksesan dunia usaha bersama di desa Jagabaya. Seperti yang kita ketahui beberapa desa sudah berhasil menggali potensi desanya baik dari sumber alammaupun sumber daya manusianya sebagai upaya membangun desa yang lebih maju dan mandiri. Itupun yang menjadi harapan para dosen yang melaksanakan PKM tersebut kepada warga desa Jagabaya nantinya.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan ditengahmasa Pandemi yang masih bergejolak seluruh pihak yang hadir menjaga Protokol Kesehatan sepanjang acara berlangsung. Keramah tamahan dari warga desa Jagabaya dan ketulusan Para Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang yang melaksanakan Program Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan wujud nyata kepedulian dunia Pendidikan terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat sekitar.

Kegiatan semacam ini Insha Allah akan kembali dapat dilaksanakan di lokasi yang berbeda dengan tema yangdisesuaikan dengan perkembangan hukum serta kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Sekian, sampai jumpa dikesempatan lain. Semoga bermanfaat dan dapat Memotivasi Pembaca.