SEPUTAR LPPM

STUDI BANDING LPPM UNPAM KE LPPM UNJ

Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja LPPM Universitas Pamulang (Unpam) pada hari Rabu tanggal 9 Juni 2020 melakukan studi banding ke LPPM Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam Kunjungan ini LPPM Unpam diwakili oleh  bapak Dr. Ali Maddinsyah, M.M yang merupakan ketua LPPM Unpam, bapak Dr. Subarto, M.Pd yang merupakan wakil Rektor 2 Unpam juga didampingi oleh para kepala bagian LPPM yaitu bapak Ibnu Sina S.P., M.Sc., bapak Dr. Sugiyanto, M.M dan Ibu Silviana Simbolon, M.Sc. Dari LPPM UNJ dihadiri oleh  Prof. Ucu Cahyana, M.Si yang merupakan ketua LPPM UNJ dan didampingi oleh  seluruh jajaran LPPM UNJ.

Tujuan dari kunjungan ini adalah belajar kembali bagaimana membangun pondasi dan budaya tridharma perguruan tinggi yang lebih baik di lingkungan kampus. Mengingat UNJ sebagai Universitas dengan berbagai prestasi, diantaranya sebagai klaster mandiri pada bidang penelitian, juga sebagai perolehan HAKI terbanyak. 

Dalam paparanya Prof. Ucu Cahyana, menyampaikan bahwa tugas LPPM dalam suatu universitas maupun instansi adalah pelayanan. Sehingga LPPM UNJ memiliki konsep memberikan pelayanan terbaik bagi dosen dalam menyediakan semua kebutuhan dalam melaksanakan penelitian, PkM dan publikasi serta pemberian reward bagi dosen yang berprestasi. Banyak trik dan tips yang diberikan dari paparan Prof. Ucu Cahyana, Pengalaman – pengalaman tersebut berasal dari tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi sebagai ketua LPPM UNJ. Adapun standar yang menjadi dasar pelaksanaan organisasi LPPM yang dikelola oleh beliau terdiri dari standar target yang ingin dicapai, standar hasil, standar pengelolaan, standar proses, standar isi, standar penilaian, standar peneliti, standar pendanaan dan pembiayaan serta standar sarana prasarana.

Di sesi diskusi antara tim lppm Unpam dan UNJ, banyak pertanyaan yang diberikan oleh masing kepala pusat masing – masing bidang. Pertanyaan sangat beragam, mulai dari cara mengobservasi sampai merealisasikan rancangan dan roadmap penelitian lppm hingga menciptakan desa binaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini sangat membantu tim LPPM Unpam dalam pembekalan ke depan dalam memberikan pelayanan kepada dosen di lingkungan Unpam.

Semoga kegiatan ini dapat saling memperkaya dan mempererat hubungan / kerja sama terkait penelitian, pengabdian kepada Masyarakat dan publikasi karya ilmiah.