PKM 2021 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PKM DOSEN DALAM MENCIPTAKAN UMKM HANDAL MELALUI TERTIB LAPORAN KEUANGAN

Pandemi Covid-19 memiliki ancaman tersendiri terhadap sektor UMKM dan mengakibatkan sebagian UMKM menghadapi permasalahan. Pemerintah pun menaruh perhatian yang besar untuk membantu memulihkan sektor ini adanya sinergi antar-instansi, baik antarkementerian, pemerintah dengan daerah, maupun pemerintah dengan swasta supaya pelaksanaan program tepat sasaran dan tepat guna bagi pemulihan UMKM pascapandemi. Pelaku UMKM yang berhasil bertahan di masa pandemi Covid-19 umumnya lebih banyak mengandalkan ICT (Information, Communication and Technology).

Begitupun dengan para dosen yang merasa harus ikut andil dalam hal ini. Dosen Prodi S1 Akuntansi mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat bekerjasama dengan Ibu Vita selaku penggiat UMKM Vicma Kitchen dalam rangka menjadikan UMKM yang dikeloalnya menjadi UMKM handal yang terlihat dari tertibnya laporan keuangannya. Dosen yang bertugas dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut diantaranya adalah Wulandari Cahyani Putri, S.E., M.M, Siti Hanah, S.E.,M.M, Anggun Anggraini, S.E., M.M. Lindawati, S.E., M.M., Indawati S.E., M.M serta mahasiswa Universitas Pamulang yaitu Meiliana Abdiputri, Nabila Firza Azahra.

PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi pada ponsel ibu Vita sebagai sarana untuk mendownload aplikasi akuntansi secara gratis yaitu Aplikasi Buku Kas, serta memberikan penjelasan penggunaan aplikasi tersebut mulai dari mengenal dan membedakan jenis transaksi dan bagaimana cara menginput transaksi didalam aplikasi Buku Kas. Pada pelaksanaannya ibu Vita sangat antusias sekali mempelajari aplikasi ini karena dianggap akan membantunya dalam membuat Laporan laba rugi yang mudah,  berkelanjutan, handal dan dapat dimonitor langsung. “Saya senang sekali ada solusi atas kesulitan saya selama ini dalam mencatat keuangan dan mengetahui laba rugi atas usaha Frozen Food ini” ujarnya. Lebih lanjut ibu Vita berharap kegiatan serupa dapat diadakan kembali agar UMKM dapat menyusun laporan keuangan yang handal.

Semoga dengan adanya kegiatan PKM ini akan dapat menambah kontribusi dosen kepada masyarakat luas pada umumnya dan pelaku UMKM pada khususnya, dan semoga dapat menjadi program yang berkelanjutan manfaatnya.

 

Sumber:akuntansi.unpam.ac.id