PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Dukungan Untuk Penyandang Disabilitas Agar Terus Berkarya

Reportase.tv Pamulang – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk memajukan dan mencerdaskan masyarakat.

Untuk hal itu sebagai bentuk aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sejumlah dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang antara lain Dwi Kusumo Wardhani, S.H., M.Kn selaku letua, Siti Chadijah, S.H.,M.H dan dosen Fakultas Ekonomi Selvy Dwi Widiyanti, S.E.M.M sebagai anggota, yang telah dinyatakan lolos dalam Program PKM HIBAH DIKTI Tahun 2021, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertema ‘Peningkatan Kesejahteraan Dalam Pemberdayaan Disabilitas’ di Desa Jagabaya, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kegaiatan pertama diselenggarakan pada tanggal 10 Juni 2021 dengan agenda sosialisasi pemenuhan hak penyandang disabilitas berdasar undang-undang nomor 8 tahun 2016 dan memberikan motivasi socialpreneur.

Antusias peserta PKM terutama para penyandang disabiltas tampak saat mereka menyambut kedatangan tim PKM dan narasumber untuk menyampaikan materi sosialisasi. Kemudian beberapa peserta disabiltas sharing dengan narasumber terkait motivasi untuk dapat hidup  mandiri, berkulitas bahkan tanpa diskriminasi.

Dalam acara tersebut narasumber memberikan arahan bahwa,”sebagai warga negara kita semua punya hak yang sama, untuk mewujudkan atau dalam pemenuhan hak tersebut memang tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi aktif memberikan dukungan agar teman-teman difabel ini diberikan aksesibiltas, salah satunya melalui UMKM Inklusi yaitu UMKM dengan menyertakan penyandang disabiltas untuk bersama-sama melakukan kegiatan usaha,”ujar Siti Chadijah Jum’at 11/6/2021.

Kedepannya diharapkan pula bahwa penyandang disabilitas dapat mandiri dengan berwirausaha, untuk itu dibutuhkan perencanaan dan kesiapan yang matang serta wawasan yang cukup agar bisnis bisa berjalan lancar di kemudian hari. Tips yang harus dilakukan adalah mengikuti pelatihan bisnis karena semua orang tetap membutuhkan pelatihan sebagai modal dasar untuk mengembangkan sebuah usahanya.

“Dengan demikian, dalam kegiatan PKM berikutnya akan diadakan pelatihan menjahit untuk peserta disabilitas, agar bisa menambahkan keterampilan demi meningkatkan kesejahteraan,” tutup Siti Chadijah, S.H.,M.H sebagai narasumber kali ini. (Sfy)

Sumber: reportase.tv