PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pelatihan Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Darma Pendidikan,  yang merupakan salah satu kontribusi dosen kepada masyarakat yang dilakukan pada tanggal 19 sd 21 Mei 2021.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh ibu Habibah, S.E., M.M., dengan anngota ibu Afridayani, S.E., M.M., ibu Lyandra Aisyah Margie, S.E, M.M., ibu Adhitya Putri Pratiwi, SST.Pa.,M.M., Bapak Muhammad Ridwan, S.E.,M.M. serta mahasiswa atas nama Anggi Rizki Amalia dan Reza Ariesa Rizka A, dan yang menjadi UMKM Rantengan Binaan adalah Ibu Sjamsiar Agustin (dengan usaha nya frozen food, kue kue basah dan catering).

Pengabdian Kepada Masyarakat dapat diartikan sebagai respon akademik masyarakat kampus atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan umum dari mendampingi UMKM yang tergabung dalam Persatuan UMKM Frozen Food. Persatuan UMKM Frozen Indonesia yang merupakan suatu lembaga yang fokus meningkatkan kapasitas UMKM yang bergerak dibidang Frozen Food sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan kegiatan pelatihan, seminar dan pendampingan.

Adapun bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan. Dengan para pengajar dan narasumber yang dilibatkan adalah para Dosen Program Studi Akuntansi dari Universitas Pamulang. Hasil Pelaksanaan PKM yang dilakukan tanggal 19 sampai 21 Mei 2021 adalah pemahaman UMKM yang didampingi mengenai Pentingnya akuntansi dan pengelolaan keuangan dengan menghitung BEP (Break Event Point) sebagai alat perencanaan laba . 

Menghitung BEP sebagai informasi untuk menentukan berapa unit yang dihasilkan dan menentukan harga jual untuk keadaan yang tidak merugian ataupun menguntungankan pada dasarnya adalah menghitung BEP untuk mentukan keuntungan yang diinginkan agar bisnis yang dijalankan bisa tetap berkembang dan lebih maju.

Berikut rumus yang digunakan untuk analisis BEP (Suratman : 2016):

Dasar Unit                    :    BEP = FC/(P-VC)

Dasar Penjualan        :    BEP = FC/(1-(VC/P))

 FC       : Fixed Cost ( Biaya tetap)

VC      : Variabel Cost ( Biaya Variabel

P          : Harga Jual

Dokpri

Output yang dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah UMKM mendapatkan tambahan informasi tentang laporan keuangan umumnya dan khususnya cara menghitung BEP, UMKM yang didampingi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini sudah mampu melakukan proses menghitung BEP.sebagai informasi menentukan harga jual dan keuntungan yang diinginkan.

Semoga Pengabdian Kepada Masyarakat dapat bermanfaat.

 

Sumber:kompasiana.com