PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen FH Unpam : “Pendaftaran Tanah Secara Sporadik Pada Tanah yang Belum Bersertifikat

Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota tangerang selatan – Banten, pada tanggal 1-3 Juni 2021 yang beranggotakan Yusman S.H., M.H , Agus Purwanto, S.H,.M.H. dan Indah Puspa Sari, S.H,.M.H. dan mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Pamulang.

Mensosialisasikan tentang Pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik pada tanah yang belum bersertfikat. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Lurah Kelurahan Ciater yaitu Bapak Rahmat Kurnia,S,H. dan masyarakat sekitar kelurahan Ciater.

Dalam pembangunan nasional peranan tanah bagi pemenuhan berbagai keperluan akan meningkat, baik sebagai tempat bermukim atau untuk kegiatan usaha. Sehubungan dengan itu akan meningkat pula kebutuhan akan dukungan berupa jaminan kepastian hukum.

Pendaftaran tanah secara sporadik adalah kegiatan pen-daftaran tanah untuk pertama kali mengenai satu atau beberapa obyek pendaftaran tanah dalam wilayah atau bagian wilayah suatu desa/kelurahan secara individual atau massal.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah. Di pasal Pasal 13 ayat (3) Pendaftaran tanah secara sporadik dilaksanakan atas permintaan pihak yang berkepentingan. dan Pasal 27 ayat (1) Jika dalam jangka waktu pengumuman sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (1) ada yang mengajukan keberatan mengenai data fisik dan atau data yuridis yang diumumkan, oleh Ketua Panitia Ajudikasi dalam pen-daftaran tanah secara sistematik atau Kepala Kantor Pertanahan dalam pendaftaran tanah secara sporadik mengusahakan agar secepatnya keberatan yang diajukan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. (*).

Sumber: hukum.unpam.ac.id