PKM 2021 UNPAM MENGABDI

DOSEN UNPAM GELAR PENYULUHAN TENTANG PERAN GENERASI MUDA DAN MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN DAN PEREDARAN NARKOBA

Keberadaan Perguruan Tinggi sebagai salah satu lembaga yang berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia khususnya generasi muda melalui jalur pendidikan akan menjadi sia-sia apabila generasi muda yang kita didik/bina terjangkit penyalahgunaan narkoba. Sebagai bagian dari sivitas akademika dan peduli terhadap keselamatan generasi muda yang merupakan asset bangsa serta untuk meningkatkan ketahanan nasional, keadaan tersebut mendorong diselenggarakannya Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan kepada masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Kelurahan Lengkong Gudang Timur Serpong Tangerang Selatan. dengan Tema “PERAN GENERASI MUDA DAN MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN & PEREDARAN NARKOBA”.

Maraknya penyebaran peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah mencapai tingkat kritis yang menjadi momok menakutkan serta menjadi prihatin serius dari aparat hukum maupun pemerintah untuk memberantas dan membasminya. Masalah narkoba sudah menjadi Exstraordinary Crime atau kejahatan luar biasa, yang sudah menyebar diberbagai lapisan masyarakat mulai dari kota hingga desa, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dan mulai dari penjabat hingga orang biasa.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen-Dosen dari Prodi Hukum Universitas Pamulang dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diketuai oleh Herlina Basri, S.H., M.H pada tanggal 24 Mai 2021 ini mengundang masyarakat dari berbagai kalangan yang dihadiri oleh Staff/ Pegawai, Karang Taruna, MUI, LKM sangat antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Narasumber Bapak Sugiarto, SH, MH,

Acara dibuka oleh Lurah Lengkong Gudang Timur, Bapak Haryadi Mahali, S.Sos. Yang mengapresiasi dilaksanakannya PKM oleh dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang. “Saya bersyukur dan sangat berterimakasih kepada para Dosen Unpam yang telah mau berbagi ilmu dengan masyarakat kami, terlebih saat ini memang kondisi masyarakat sedang  dalam keadaan tidak baik-baik saja sejak pandemi covid terjadi” Ujarnya kepada Visione (Senin, 24 Mai 2021).

“Mudah-mudahan dengan adanya penyuluhan ini, pengetahuan masyarakat tentang Narkoba dan penyalahgunaannya dan bagaimana peran kita sebagai anggota masyarakat dan pemuda  dalam mengawasi peredaran narkoba disekeliling kita paling tidak bisa memberikan pemahaman peraturan yang mengatur tentang penyalahgunaan narkoba dan sangsi hukumnya serta memberi informasi Pengetahuan hukum  tentang Aspek Hukum yang mengaturnya  ”. Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pengabdi, Ibu Herlina Basri, S.H., M.H. Juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Lurah Lengkong Gudang Timur dan Jajaran serta masyarakat yang hadir dari MUI, Karang Taruna dan LKM atas kesediannya sudah  meluangkan waktu untuk menghadiri undangan ini.“

“Saya atas nama Bapak Dekan dan Bapak Kaprodi Hukum Unpam menyampaikan terimakasih kepada Bapak Lurah dan Jajaran serta Bapak Bapak dari MUI, Karang Taruna dan LKM serta masyarakat Kelurahan Lengkong Gudang Timur, atas kesediaannya menghadiri undangan kegiatan PKM ini, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu dalam rangka mencerdaskan masyarakat dan berbagi ilmu tentang masalah hukum”. ujarnya kepada Visione.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Sugiarto, S.H., M.H. selaku Narasumber. Sugiarto menekankan bagaimana menumbuhkan kesadaran di kalangan generasi muda khususnya pemuda terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan apa upaya masyarakat dan generasi muda dalam peran aktif dan pengawasan peredaran narkoba di wilayah kelurahan Lengkong Gudang Timur. Sugiarto juga memberikan arahan kepada masyarakat dan generasi muda agar menjadi generasi yang positif yang mempunyai hobby yang positif, bersemangat membangun dan mempunyai kepedulian terhadap peningkatan ketahanan nasional Bangsa, memberikan bekal tambahan kepada para pemuda dan masyarakat pada umumnya untuk berperan aktif dalam pengawasan dan peredaran narkoba, dengan demikian lingkungan sekitar akan bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba dimana hal ini adalah menjadi tanggung jawab Bersama, serta memberikan pendidikan yang cerdas kepada para pemuda, bila ada korban atau pecandu narkoba tidak dijauhi tapi justru harus dirangkul dan diselamatkan untuk bisa direhabilitasi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang dipimpin oleh Bapak Fikri Jamal. S.H., M.H. sebagai mediator. Terlihat peserta PKM sangat antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Narkoba dan sangksi hukum yang ditimbulkan dan bagaimana kita mengenali orang-orang yang menggunakan narkoba. Kegiatan PKM berlangsung dengan baik, semua peserta antusias mengikuti penyuluhan sampai dengan selesai. Acara kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak H. Abdul Rachman, S.H., M.H.

Sumber: visione.co.id