PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM DOSEN FH UNPAM : MEDIA SOSIAL DIKALANGAN REMAJA DALAM ASPEK RESIKO RADIKALISME

Serpong-Bahaya radikalisme yang menyasar remaja melalui media sosial harus menjadi perhatian khusus oleh seluruh kalangan tidak terkecuali seluruh pihak pada wilayah Kelurahan Kademangan Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Upaya mengantisipasi Bahaya radikalisme dengan tindakan pencegahan salah satunya dengan melalui salah satu kegiatan Tri Dharma yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh kalangan akademisi Fakultas Hukum Universitas Pamulang (FH-UNPAM) (24/05/2021).

Penggunaan media sosial dikalangan remaja sangatah tinggi, hal itu dibuktikan dengan pengambilan data dari audiense yang terdiri dari lintas kalangan dalam acara PKM tersebut. Dengan kondisi Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) menambah potensi dekatnya resiko paparan radikalisme melalui media sosial, sebgaimana yang kita ketahui bahwa media sosial merupakan media alternatif yang dimanfaatkan masyarakat dalam berkomunikasi terlebih dalam masa PSBB.

Kegiatan PKM ini berisikan beberapa materi terkait dengan Pemetaan dan Pencegahan Radikalisme Melalui Media Sosial yang dibawakan oleh akademisi FH-UNPAM yakni Bapak Muhamad Iqbal Selaku akademisi Kriminologi dan Bapak ST Mahmud Syaukat, S.H.,M.H selaku akademisi Hukum Pidana.

Usai acara PKM ini maka direkomendasikanlah upaya pencegahan Penyebaran Radikalisme dikalangan remaja terutama dengan mempertimbangkan kondisi PSBB di wilayah Kelurahan Setu yakni dengan diadakannya diskusi ilmiah yang diselenggarakan setiap pertengahan bulan baik secara online atau ofline, yang akan membahas tentang pola pandang remaja menyikapi issue-issue nasional dan global. Hal itu dalam upaya menyalurkan pemikiran dan daya kritis dikalangan remaja.

Semoga dengan terselenggaranya PKM ini dapat bermanfaat bagi kalangan remaja khususnya dan masyarakat luas umumnya, serta terjalinnya komunikasi dan silaturahmi dikalangan remaja dengan seluruh pihak terkait dan pemimpin terkait dilingkungan kelurahan kademangan . (IQ)

Sumber: hukum.unpam.ac.id